Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Misterius Xiaomi Siap Masuk Indonesia, Redmi 12?

Kompas.com - 15/05/2023, 12:30 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Xiaomi disinyalir akan merilis perangkat entry-level terbarunya di Indonesia. 

Pasalnya, ada sebuah perangkat misterius Xiaomi yang sudah mendapatkan sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin).  

Berdasarkan penelusuran internet, perangkat yang memiliki nomor model "Redmi 23053RN02A" tersebut diduga kuat sebagai Redmi 12, "saudara" dari Redmi 12C yang diluncurkan di Indonesia lebih dulu pada Maret lalu. 

Dalam sertifikat TKDN Kemenperin bermonor 3967/SJ-IND.8/TKDN/5/2023 ini, disebutkan pula bahwa Redmi 12 merupakan ponsel 4G dan sudah lolos uji TKDN dengan nilai mencapai 38,20 persen. 

Seperti diketahui, Kemenperin menetapkan nilai TKDN minimal supaya suatu perangkat bisa dijual di Tanah Air sebesar 30 persen. Artinya, Redmi 12 lolos uji TKDN dan siap masuk Indonesia dalam waktu dekat. 

Baca juga: Xiaomi Redmi A2 Resmi di Indonesia, Ponsel Murah Harga Rp 1 Jutaan

Ilustrasi ponsel yang diduga sebagai Redmi 12 yang muncul di TKDN Kemenperin.Kemenperin Ilustrasi ponsel yang diduga sebagai Redmi 12 yang muncul di TKDN Kemenperin.
Meski demikian, belum diketahui secara pasti kapan Redmi 12 akan meluncur di Indonesia. Sebab, ponsel ini sendiri belum diperkenalkan secara global, dan pihak Xiaomi Indonesia belum mengumbar hal apapun terkait perangkat tersebut. 

Karena belum diumbar secara global, spesifikasi dan kemampuan ponsel entry-level Xiaomi ini pun juga belum diketahui. 

Namun, ada kemungkinan ponsel ini akan memiliki spesifikasi yang kurang lebih sama seperti saudaranya Redmi 12C, mungkin dengan sejumlah perbedaan hardware.

Sekadar informasi, Redmi 12C merupakan salah satu ponsel terbaru Xiaomi di Indonesia yang dijual dengan harga termurah Rp 1,4 juta (3 GB/32 GB), Rp 1,6 juta (4 GB/64 GB0, dan termahal Rp 1,8 juta (4 GB/128 GB). 

Baca juga: Dibanding Xiaomi dkk, Cuan Samsung Paling Besar

Dengan harga Rp 1 jutaan, pengguna bisa mendapatkan ponsel layar lega IPS 6,71 inci dengan resolusi HD Plus yang emiliki tingkat kecerahan hingga 500 nits.

Pada sektor kamera, Redmi 12C dibekali dengan dua kamera belakang yang masing-masing memiliki resolusi 50 MP (f/1.8) dan QVGA. Di bagian depan, terdapat pula kamera beresolusi 5 MP (f/2.2) yang dimuat dalam modul ala tetesan wair (waterdrop)

Untuk aspek performa, Redmi 12C ditenagai dengan chipset Mediatek Helio G85 yang dipadukan dengan tiga opsi RAM/penyimpanan, yaitu 3/32 GB, 4/64 GB, dan 6/128 GB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com