Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TEKNO] Dugaan Serangan Ransomware di Sistem BSI | Bukti iPhone 14 Paling Mengecewakan

Kompas.com - 16/05/2023, 07:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Kelompok ransomware LockBit mengeklaim bertanggung jawab atas gangguan layanan di Bank Syariah Indonesia (BSI) beberapa waktu lalu. Mereka mengeklaim bahwa gangguan layanan BSI adalah akibat dari serangan ransomware mereka.

Kabar ini menjadi salah satu berita teknologi terpopuler di Indonesia. Berita lain yang juga cukup banyak dibaca adalah kemenagan timnas Indonesia cabang olahraga (cabor) e-sports nomor PUBG Mobile di final SEA Games 2023.

Tim PUBG Mobile Indonesia meraih medali emas setelah menumbangkan tim Vietnam. Selain itu, ada pula artikel tentang iPhone 14 yang disebut menjadi model paling mengecewakan. Mengapa?

Jawabannya ada di rangkuman berita teknologi populer KompasTekno berikut.

Baca juga: [POPULER TEKNO] Elon Musk Bakal Mundur sebagai CEO Twitter | Bocoran iPhone 16 Pro

Hacker klaim dalangi gangguan layanan BSI

Seluruh layanan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mengalami error selama empat hari mulai dari tanggal 8 sampai 11 Mei 2023. Selama error, nasabah BSI tidak dapat melakukan transaksi apapun di kantor cabang, ATM, maupun BSI Mobile.

Sekelompok hacker spesialis ransomware "LockBit 3.0", mengeklaim bahwa mereka adalah dalang di balik gangguan layanan BSI tersebut.

Hal itu diungkapkan oleh platform intelijen dan investigasi dark web yang aktif di Twitter, Dark Tracer (@darktracer_int). Lantas, apa itu ransomware LockBIt 3.0 dan bagaimana sebenarnya kondisi keamanan siber layanan perbankan di Indonsia?

Selengkapnya, bisa menyimak artikel-artikel berikut:

Tim PUBG Mobile Indonesia meraih medali emas SEA Games 2023

Timnas PUBG Mobile raih medali emasi di ajang SEA Games 2023.Dok PUBG Mobile Timnas PUBG Mobile raih medali emasi di ajang SEA Games 2023.

Indonesia mendapatkan satu lagi medali dari cabang olahraga (cabor) e-sports di SEA Games 2023 Kamboja. Tim PUBG Mobile Indonesia (INA 2) meraih medali emas.

Ini adalah kedua kalinya Indonesia mendapat emas untuk cabor e-sports nomor PUBG Mobile kategori beregu di ajang SEA Games. Pada SEA Games 2021 lalu, Indonesia juga meraih emas.

Tim Indonesia 2 (INA 2) berada di puncak klasemen akhir babak final hari ketiga yang digelar, Minggu (14/5/2023). Pada babak final ini, tim Indonesia bermain enam ronde seperti pada dua hari sebelumnya.

Secara keseluruhan, skuad INA 2 mendulang sebanyak 178 poin. Adapun medali perak diraih oleh tim Vietnam 1 dengan 152 poin. Selengkapnya bisa disimak di artikel "Tim PUBG Mobile Indonesia Raih Medali Emas SEA Games 2023".

Linda Yaccarino, CEO baru Twitter gantikan Elon Musk

Linda Yaccarino, ketua periklanan global dan kemitraan di NBCUniversal, yang dikabarkan menjadi CEO Twitter yang baruVariety Linda Yaccarino, ketua periklanan global dan kemitraan di NBCUniversal, yang dikabarkan menjadi CEO Twitter yang baru

Elon Musk resmi mengumumkan bahwa Linda Yaccarino, mantan Kepala Periklanan dan Kemitraan Global di NBC Universal, sebagai CEO Twitter yang baru.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com