Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna iPhone Akhirnya Bisa Berkirim Pesan via iMessage di Windows 11

Kompas.com - 16/05/2023, 13:01 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada Maret lalu, Microsoft memperbarui fitur Phone Link di sistem operasi Windows 11 supaya bisa mendukung smartphone berbasis iOS alias iPhone, tidak hanya ponsel berbasis Android saja.

Namun kala itu, fitur anyar ini hanya tersedia secara terbatas bagi para pengguna Windows 11 versi awal dan uji coba meliputi versi Dev, Beta, dan Release Preview.

Nah, kini Microsoft mengumumkan bahwa fitur Phone Link yang mendukung iPhone ini resmi hadir di semua versi terbaru Windows 11, termasuk versi umum alias Public, yang tersebar di seluruh dunia. 

Tidak disebutkan Windows 11 di negara mana saja Phone Link yang mendukung iPhone ini bisa digunakan. Namun, Microsoft mengeklaim fitur ini mendukung puluhan bahasa asing dan sudah bisa dipakai di puluhan negara. 

"Hari ini, kami bangga mengumumkan bahwa Microsoft Phone Link untuk iOS di Windows 11 mulai digelontorkan kepada para pengguna Windows 11 secara global dalam 39 bahasa dan 85 negara," kata Microsoft dalam sebuah pengumuman

Bisa kirim iMessage di Windows 11, tapi...

Pengguna iPhone bisa membuka iMessage di PC Windows 11 berkat dukungan Phone Link untuk iOS.Microsoft Pengguna iPhone bisa membuka iMessage di PC Windows 11 berkat dukungan Phone Link untuk iOS.

Seperti diketahui, Phone Link bisa dipakai pengguna untuk melihat notifikasi, melakukan panggilan telepon, hingga melihat pesan singkat (SMS) yang ada dalam ponsel secara langsung dari PC tanpa harus repot membuka layar ponsel.

Dengan adanya dukungan iPhone di Windows 11, ini berarti pengguna iPhone bisa menggunakan aplikasi SMS bawaan ponsel tersebut, yaitu iMessage untuk pertama kalinya di Windows 11.

iMessage sendiri biasanya hanya bisa digunakan di ekosistem Apple atau antarperangkat buatan Apple. Oleh karena itulah fitur iMessage yang terhubung di Phone Link Windows 11 juga disebut sangat terbatas.

Misalnya fitur daftar pesan yang tersimpan. Pengguna iPhone hanya bisa melihat pesan iMessage yang baru masuk atau dikirim via aplikasi Phone Link saja, itu pun kalau iPhone masih terhubung dengan PC Windows 11.

Artinya, pengguna tidak bisa melihat riwayat percakapan iMessage yang ada di iPhone mereka, terutama ketika sebelum iPhone terhubung dengan Phone Link.

Hal ini bisa terjadi karena iMessage hanya eksklusif di ponsel dan perangkat Apple saja. Lalu, pesan yang diterima atau dikirim dari Phone Link juga diterima via Bluetooth, sebelum nantinya dikirim langsung oleh iPhone yang terhubung menjadi iMessage.

"Kami mengirimkan pesan dari atau ke iPhone di Phone Link via Bluetooth. Menurut saya, Apple akan mengirimkan pesan tersebut dan menyulapnya menjadi iMessage ketika pesan tersebut diterima oleh iPhone pengguna," ujar Head Consumer Marketing Microsoft, Yusuf Mehdi, Maret lalu ketika fitur Phone Link yang mendukung ponsel iOS diumumkan.

Baca juga: Ciri-ciri iPhone yang Kena Pemblokiran IMEI, Cek Sebelum Membeli

Tidak bisa kirim gambar

Pengguna iPhone bisa menerima dan melakukan panggilan suara di PC Windows 11 berkat dukungan Phone Link untuk iOS.Microsoft Pengguna iPhone bisa menerima dan melakukan panggilan suara di PC Windows 11 berkat dukungan Phone Link untuk iOS.

Selain tidak bisa melihat seluruh riwayat percakapan iMessage, pengguna iPhone yang menggunakan Phone Link di Windows 11 juga tidak bisa mengirimkan gambar melalui PC.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com