Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Adobe Lightroom dengan Lightroom Classic untuk Fotografer Pemula

Kompas.com - 17/05/2023, 15:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber SlashGear

KOMPAS.com - Adobe mulai memperkenalkan aplikasi pengolah fotonya bernama Adobe Lighroom sejak 2007 lalu. Namun, pada 2017, perusahaan melakukan perombakan dan peningkatan fitur dengan mengubah nama Adobe Lightroom menjadi Lightroom CC.

Aplikasi versi lebih lama berganti nama menjadi Lightroom Classic, sedangkan aplikasi versi memilki nama Lightroom CC (Creative Cloud).

Sejatinya kedua aplikasi sama-sama dimanfaatkan untuk menyimpan, mengimpor, melihat, mengatur, dan mengedit foto secara digital. Akan tetapi keduanya memiliki fungsi, fitur, dan aksesibilitas yang berbeda.

Penambahan "CC" di Lightroom, berfokus pada penggunaan storage berbasis cloud. Artinya, seluruh foto yang dibuka menggunakan Lightroom CC akan diunggah otomatis ke cloud storage dari Adobe. Pengguna bisa mengakses kapanpun dan di manapun foto tersebut.

Baca juga: Adobe Caplok Startup Desain Figma Senilai Rp 298 Triliun

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui walau kedua aplikasi memiliki nama yang sama, Adobe Lightroom Classic dan Adobe Lightroom CC adalah dua aplikasi yang berbeda.

Bagi Anda yang sedang memulai profesi sebagai fotografer pemula, pengetahuan ini penting untuk memudahkan proses pengeditan hingga penyimpanan hasil foto di Adobe Lightroom. Penasaran apa saja perbedaan Adobe Lightroom dan Adobe Lightroom Classic? Simak penjelasan berikut ini.

Platform

Ilustrasi kamera digital dan analogshutterstock.com/By Standret Ilustrasi kamera digital dan analog

Sebagaimana dikutip KompasTekno dari blog resminya, Adobe Lightroom Classic hanya bisa diakses di komputer/PC saja. Mediumnya cukup terbatas dan tampilan aplikasinya juga hanya didesain untuk perangkat komputer.

Berbeda dengan “saudaranya”, Lightroom CC memungkinkan pengguna mengakses aplikasi di berbagai macam perangkat. Mulai dari Lightroom versi desktop, web, mobile, atau smartphone, hingga tablet.

Wajar, sejak kemunculan Lighroom CC, sejumlah pengguna lebih memilih aplikasi tersebut ketimbang versi regulernya. Sebabdi zaman yang serba cepat dan digital, pengguna, terutama fotografer harus bisa selalu sigap mengedit fotonya sewaktu-waktu.

Apalagi jika Anda memiliki akun Adobe Cloud, seluruh foto yang diunggah di komputer, bisa langsung diakses di perangkat yang berbeda, seperti tablet ataupun smartphone.

Kendati begitu, perlu dicatat bahwa Lighroom CC versi mobile, tablet, ataupun desktop memiliki tampilan yang berbeda-beda.

Di mobile, tampilan Lightroom Classic lebih sederhana dan punya fitur yang sedikit. Berbeda dengan versi tablet dan komputer yang menawarkan lebih banyak fitur dengan tampilan lebih kompleks.

Storage

Dua versi Lightroom yang ada saat ini, Lightroom CC dan Lightroom Classic CCAdobe Dua versi Lightroom yang ada saat ini, Lightroom CC dan Lightroom Classic CC

Adobe Lightroom Classic punya cara kerja yang lebih tradisional. Foto asli yang ingin dilihat, disimpan, dan diedit menggunakan Lightroom Classic umumnya disimpan di dalam komputer ataupun hard disk.

Halaman:
Sumber SlashGear
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com