Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bug di Facebook Bikin Pengguna Request Pertemanan ke Orang Asing

Kompas.com - 17/05/2023, 15:30 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna Facebook melaporkan adanya gangguan atau bug yang membuat pengguna mengirim permintaan pertemanan (invitation request) kepada orang tidak dikenal.

Bug ini muncul ketika salah pengguna mengeklik salah satu profil akun Facebook yang tidak di kenal. Lalu, secara otomatis, Facebook langsung mengirimkan undangan pertemanan ke profil tersebut.

Belum diketahui sejak kapan kemunculan bug tersebut di Facebook. Menanggapi masalah ini, Meta, perusahaan induk Facebook meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi di antara pengguna.

Baca juga: Facebook Reels Bisa Diatur Tayangkan Video Kesukaan, Begini Caranya

Meta menyebut pihaknya telah memperbaiki bug yang ada dan bakal segera memberhentikan gangguan yang dialami tiap pengguna Facebook, seperti yang dikutip KompasTekno dari Mobile Syrup, Rabu (17/5/2023).

“Kami memperbaiki gangguan di pembaruan aplikasi Facebok terbaru yang menyebabkan Facebook mengirim undangan pertemanan secara keliru. Kami telah memberhentikan kejadian ini dan meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi,” ujar Meta dalam pernyataan resmi.

Dari keluhan yang beredar, ada salah seorang pengguna Facebook yang mengeluhkan hal tersebut ke akun Twitter-nya. Dalam twit yang dikirim, akun dengan handles @bavidmcjavid turut menyematkan rekaman dari layar ponselnya sebagai bukti.

Video tersebut menunjukkan bahwa setiap kali pengguna mengunjungi profil akun asing yang lain, tombol “Add Friend” mendadak berubah menjadi “Requested”. Perubahan tersebut menunjukkan bahwa pengguna mengirimkan undangan pertemanan.

Saat @bavidmcjavid membatalkan undangan pertemanan, sistem mengubah tombol “Requested” menjadi “Add Friend”. Kendati begitu, saat mencoba keluar dari akun profil orang lain dan kembali masuk ke akun yang sama, bug kembali terjadi.

Gangguan tersebut kerap membuat pengguna tidak nyaman. Sebab, undangan yang dikirim bukan ditujukan oleh kerabat, teman, atau sanak saudara yang dikenal, melainkan orang asing yang tidak dikenal sama sekali, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Mobile Syrup, Rabu (17/5/2023),

Baca juga: Rumah Rp 2,3 Triliun Milik Warga RI Satu Kompleks dengan Pendiri Facebook

Pengguna Facebook di Indonesia jika ingin mengecek apakah Facebook mengirim undangan pertemanan ke orang asing atau tidak, Anda bisa klik tab “Friends” (Teman) dan klik “See All” (Lihat semua).

Kemudian, klik ikon titik tiga di sisi atas, pilih “View Sent Request” (Lihat Undangan Pertemanan”. Di laman tersebut, akan muncul daftar undangan pertemanan yang masih belum dikonfirmasi oleh pengguna lain.

Jika terdapat beberapa profil asing, Anda bisa langsung klik “Cancel” untuk membatalkan undangan pertemanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com