Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Cek Kecepatan Internet di HP dan Laptop Sebelum "War" Tiket Konser

Kompas.com - 19/05/2023, 09:30 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Penjualan tiket konser Coldplay di Jakarta kategori umum sudah bisa dilakukan hari ini pukul 10.00 WIB. Sebagian masyarakat yang tidak mendapatkan tiket di tahap presale pun mulai menyiapkan strateginya untuk ‘war’ tiket konser Coldpdplay 19 Mei 2023.

Salah satunya dengan memastikan kecepatan internet lancar sehingga tidak ada halangan saat memasuki situs coldplayinjakarta.com. Selain mengusahakan menggunakan provider tercepat, sebelum membeli tiket, Anda terlebih dahulu bisa mengecek kecepatan internetnya di situs online.

Beberapa situs cek kecepatan internet yang bisa digunakan, seperti Ookla SpeedTest, SpeedTest Master, Meteor, Fast.com, dan Speedtest Google. Seluruh situs dan aplikasi tersebut dapat Anda akses dengan mudah di laptop maupun HP.

Lantas bagaimana caranya? Berikt ini KompasTekno merangkum cara cek kecepatan internet via HP dan laptop.

Baca juga: 3 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Laptop

Ookla SpeedTest

Pengguna bisa mengunjungi situs https://www.speedtest.net/ di HP dan laptop. Di situs ini pengguna bisa mendapatkan informasi mengenai kecepatan unggah, unduh, latensi, dan jitter. Cara menggunakannya:

  • Kunjungi https://www.speedtest.net/  di peramban HP atau laptop Andad
  • Klik “Go”
  • Nantinya alat tes kecepatan menampilkan grafik kecepatan internet yang digunakan

Speedtest Master

SpeedTest Master merupakan aplikasi tes kecepatan internet yang bisa Anda unduh di Play Store (Android) atau App Store (iOS). Pengguna bisa memeriksa kekuatan sinyal untuk menemukan titik terkuat dan menemukan saluran yang tidak terlalu ramau untuk router WiFi Anda. Cara menggunakannya:

  • Download aplikasi Speedtest Master di Play Store (Android) atau App Store (iOS)
  • Buka aplikasi
  • Kemudian klik “Mulai”
  • Nantinya hasil pengecekan internet menampilkan detail kecepatan internet, kekuatan sinyal, waktu transfer, dan lainnya.

Speedtest Google

Google juga menyediakan layanan cek kecepatan internet online yang bisa Anda akses dengan mudah di browser HP dan laptop. Cara cek kecepatan internet di Speedtest Google berikut ini:

  • Buka aplikasi peramban Anda dan ketikkan Speedtest Google
  • Klik “Run Speed Test”
  • Mengecek kecepatan internet pun berlangsung tunggu hingga muncul pop up laporan kecepatan internet Anda

Meteor Open Signal

Situs Meteor Open Signal dapat mengecek kecepatan internet melalui melalui Wi-Fi, 3G, 4G/LTE, dan 5G. Meteor memungkinkan Anda menguji koneksi Anda di berbagai aplikasi, seperti Spotify, YouTube, TikTok, Instagram, dan Zoom. Untuk mencobanya Anda bisa mengunjungi tautan berikut ini.

Fast.com

Situs kecepatan ini dikembangkan oleh Netflix. Anda bisa mengaksesnya di browser HP dan Laptop. Cara mengecek dengan situs ini cukup mengunjungi laman https://fast.com/id/ kemudian situs akan secara otomatis menampilkan laporan kecepatan internet Anda. 

Baca juga: Siap-siap War Tiket Konser Coldplay di Jakarta, Ini 6 Tips agar Menang

Demikian cara cek kecepatan internet di HP dan laptop sebelum war tiket konser Coldplay. Selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com