BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Nicholas Saputra: Oppo Find N2 Flip “Paket Komplet” untuk Jadi Standar Baru HP Lipat

Kompas.com - 19/05/2023, 15:48 WIB
Aningtias Jatmika,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Oppo baru saja meluncurkan ponsel lipat Oppo Find N2 Flip pada Rabu (10/5/2023). Peluncuran ini menjadi babak baru segmen foldable smartphone, khususnya flip, di Indonesia. Pasalnya, Oppo menyematkan sejumlah inovasi terkini yang memanjakan pengguna.

Selain inovasi layar tanpa bekas lipatan dan engsel tahan banting, Oppo Find N2 juga mengunggulkan aspek fotografi. Kelebihan ini diakui oleh aktor Nicholas Saputra.

Pada peluncuran Oppo Find N2 Flip di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu, Nicholas mengatakan bahwa kamera yang diusung Oppo Find N2 Flip mampu mendukung hobi fotografinya.

“Kamera menjadi fitur favorit saya. Apalagi, kamera Oppo Find N2 Flip dikembangkan Oppo bersama Hasselblad,” ujar Nicholas seperti diberitakan Kompas.com, Rabu.

Sebagai informasi, teknologi Hasselblad memungkinkan software kamera Oppo Find N2 Flip hadir dengan beberapa fitur tambahan yang biasa ada di kamera Hasselblad. Salah satunya adalah Hasselblad Professional Mode untuk mode manual ala kamera DSLR.

Dengan teknologi tersebut, warna yang ditampilkan di tiap foto akan terlihat tajam, terang, natural, dan menyerupai aslinya.

Kemudian, Oppo Find N2 Flip juga mengunggulkan fitur FlexForm Mode. Menurut Nicholas, fitur ini dapat memunculkan kebiasaan baru berfoto. Sebab, fitur ini memberikan kebebasan kepada pengguna dalam memilih sudut saat ingin mengambil foto, baik dari depan maupun belakang.

Adapun Oppo Find N2 Flip dibekali dengan dua kamera belakang yang disusun secara vertikal di sebelah kiri cover screen serta satu kamera depan yang dimuat dalam sebuah modul punch hole.

Baca juga: Tren Foldable Smartphone Terus Meningkat, Ini Alasan Konsumen Pilih Ponsel Lipat sebagai The Next Daily Driver

Kedua kamera belakang di ponsel tersebut masing-masing memiliki resolusi 50 MP (f/1.8, Sony IMX890) dan 8 MP (f/2.2, Sony IMX355, ultrawide). Sementara itu, kamera depan ponsel ini memiliki resolusi 32 MP (f/2.4, Sony IMX709).

Tak hanya fotografi, Nicholas juga menyinggung deretan fitur unggulan Oppo Find N2 Flip lain. Salah satunya adalah teknologi kecepatan pengisian daya (charging) SuperVOOC 44W.

Teknologi SuperVOOC 44W diklaim dapat mengisi daya Oppo Find N2 Flip sebanyak 50 persen dalam waktu sekitar 23 menit serta 100 persen dalam waktu satu jam. Oppo Teknologi SuperVOOC 44W diklaim dapat mengisi daya Oppo Find N2 Flip sebanyak 50 persen dalam waktu sekitar 23 menit serta 100 persen dalam waktu satu jam.

Nicholas menyukai kecepatan charging-nya yang "ngebut" karena membantunya menghemat waktu di tengah kesibukan.

Ketika habis daya, teknologi SuperVOOC 44W diklaim dapat mengisi daya Oppo Find N2 Flip sebanyak 50 persen dalam waktu sekitar 23 menit serta 100 persen dalam waktu satu jam.

“Deretan fitur tersebut membuat Oppo Find N2 Flip menjadi ‘paket komplet’ yang cocok bagi mereka yang senang bepergian dan memiliki aktivitas padat, termasuk saya,” tegas Nicholas.

Fitur fotografi yang bisa diandalkan

Pengalaman serupa juga dirasakan tim Kompas Tekno saat menjajal flagship tersebut. Menurut Kompas Tekno, fitur fotografi Oppo Find N2 Flip cukup bisa diandalkan.

“Secara pengalaman, kami sangat jarang menggunakan kamera (depan untuk) selfie lantaran sudah ada dua kamera belakang yang bisa digunakan untuk berswafoto. Kamera belakang bisa dipakai untuk selfie karena layar sekunder atau cover screen dapat dialihfungsikan sebagai viewfinder kamera,” tulis Kompas Tekno, Selasa (9/5/2023).

Dengan begitu, hasil foto selfie pun terlihat jauh lebih bagus ketimbang hasil jepretan yang diambil menggunakan kamera depan.

Baca juga: Jangkau Lebih Banyak Konsumen Premium, Oppo Find N2 Flip Sudah Bisa Dipesan di Lazada

Saat mengambil foto, Kompas Tekno menaruh perangkat pada permukaan rata dan menggunakan cover screen sebagai viewfinder agar subyek dapat bersiap pada posisi yang ditentukan.

Untuk diketahui, cover screen menjadi keunggulan yang juga disorot Kompas Tekno. Sebab, cover screen Oppo Find N2 Flip mengusung orientasi portrait. Hal ini berbeda dengan ponsel lipat serupa di pasaran yang hadir dengan orientasi landscape.

Selain itu, layar sekunder pada gadget tersebut memiliki ukuran 3,26 inci. Ukuran ini lebih besar ketimbang ponsel kompetitor.

Dengan ukuran luas itu, cover screen pada Oppo Find N2 Flip dapat menampilkan lebih banyak konten ketimbang layar kecil milik ponsel kompetitor, misal teks pesan yang lebih banyak layar yang luas untuk viewfinder swafoto, informasi waktu dan cuaca, serta memilih daftar lagu Spotify.

Engsel lipat tanpa bekas

Tak hanya aspek layar, Kompas Tekno juga menyoroti engsel (hinge) yang terasa kokoh. Sensasi ini didapat berkat konstruksi mirip tetesan air (waterdrop).

Baca juga: Awali 2023 dengan Catatan Apik, OPPO Siap Luncurkan Find N2 Flip di Indonesia

Untuk menghadirkan foldable smartphone dengan engsel kuat, Oppo menghadirkan inovasi canggih berupa layar tanpa bekas dan tahan banting pertama di Indonesia, New Generation Flexion Hinge.

OPPO Find N2 Flip hadir dalam dua pilihan warna, yaitu Astral Black dan Moonlit Purple.Dok. Oppo Indonesia OPPO Find N2 Flip hadir dalam dua pilihan warna, yaitu Astral Black dan Moonlit Purple.

Berkat inovasi tersebut, Oppo Find N2 Flip diklaim dapat kuat dibuka tutup hingga 400.000 kali serta mampu merapatkan kedua sisi layar ketika dilipat. Ketahanan engsel Oppo Find N2 Flip juga sudah mendapatkan sertifikat uji ketahanan dari TUV Rheinland.

Beralih ke sektor performa, Oppo Find N2 Flip ditenagai chipset Mediatek Dimensity 9000 Plus (3,2 GHz) yang dipadukan dengan RAM LPDDR5 8 GB dan media penyimpanan (storage) UFS 3.1 berkapasitas 256 GB.

Fitur pendukung lain yang ada di Oppo Find N2 Flip mencakup sistem operasi (OS) Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka atau user interface (UI) ColorOS 13, Dual Speaker Dolby Atmos, Side-Mounted Fingerprint Scanner, 5G, dan teknologi Near Field Communication (NFC).

Dengan berbagai spesifikasi canggih tersebut, Oppo Find N2 Flip yang hadir dengan dua varian warna, yaitu Astral Black dan Moonlit Purple, dibanderol dengan harga Rp 14.999.000.

Informasi selengkapnya mengenai Oppo Find N2 Flip bisa kamu temukan pada tautan berikut.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com