Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HTC U23 Pro Meluncur dengan Snapdragon 7 Gen 1 dan 4 Kamera Belakang

Kompas.com - 19/05/2023, 16:30 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Vendor smartphone asal Taiwan, HTC resmi mengumumkan perangkat terbarunya, yakni HTC U23 Pro. Smartphone ini datang dengan mengunggulkan beberapa aspek, seperti chipset, kamera, dan layar.

Untuk performa, HTC U23 Pro ditenagai oleh SoC (System-on-Chip) Snapdragon 7 Gen 1. Chipset tersebut dirancang khusus untuk smartphone gaming dan menawarkan clockspeed 2,4 GHz. Sementara itu, pengolah grafisnya (GPU) mengandalkan Adreno 644.

Chipset tersebut dipadu dengan RAM 8/12 GB dan ruang penyimpanan (storage) 128/256 GB. Bila dirasa kurang, perluasan penyimpanan bisa menggunakan slot microSD yang tersedia.

Tampilan kamera belakang HTC U23 ProHTC Tampilan kamera belakang HTC U23 Pro

Di sektor fotografinya, HTC U23 Pro memiliki empat kamera. Tiga sensor diposisikan secara vertikal, sedangkan satu sensor lainnya diposisikan di samping sensor kedua. Keempat lensa ditemani lampu kilat LED untuk membantu pencahayaan di tempat minim cahaya.

Kamera belakang HTC U23 Pro terdiri dari kamera utama 108 MP (f/1.7) disertai OIS (Optical Image Stabilization), kamera ultrawide 8 MP (f/2.4) dengan sudut pandang 120 derajat, kamera makro 5 MP (f/2.2), dan sensor kedalaman 2 MP (f/2.4).

Baca juga: HTC Kembali Rilis Ponsel Android, Desire 22 Pro untuk Metaverse

Kamera juga mengandalkan tenaga AI (kecerdasan buatan) untuk mendeteksi pemandangan yang ingin dipotret. Beberapa fitu pelengkapnya adalah HDR, slow-motion, panorama, dan fitur fotografi lainnya.

HTC U23 Pro datang dengan layar berpanel OLED 6,7 inci yang memiliki resolusi Full HD Plus (1.080 x 2.400 piksel) dan sudah dilapisi kaca pelindung Gorilla Glass Victus.

Layar dihiasi poni punch hole di tengah atas layar untuk menampung kamera depan beresolusi 32 MP (f/2.45). Kamera dilengkapi fitur EIS sebagai peredam guncangan saat merekam video.

Ilustrasi pengisian daya perangkat HTC U23 Pro yang ditopang baterai 4.600mAH dengan pengisian daya 30 wattHTC Ilustrasi pengisian daya perangkat HTC U23 Pro yang ditopang baterai 4.600mAH dengan pengisian daya 30 watt

HTC U23 Pro ditopang baterai berkapasitas 4.600 mAH yang mendukung pengisian daya 30 watt menggunakan kabel (wired charging) dan 15 watt untuk pengisian tanpa kabel (wireless charging).

Sistem operasi yang dijalankan adalah Android 13. Tidak diumbar antarmuka (User Interface/UI) apa yang digunakan. Sistem keamanan perangkat yang dimiliki adalah pemindai sidik jari yang terintegrasi dengan tombol daya di kanan perangkat.

Fitur pendukung lainnya adalah aplikasi VIVERSE. Aplikasi tersebut kompatibel dengan perangkat headset VR dari VIVE XR Elite yang dijual secara terpisah.

Perangkat juga sudah mengantongi sertifikasi IP67, tahan air dan debu. Konektivitas yang didukung perangkat adalah jaringan 5G, Wi-Fi 6, NFC, GPS, jack audio 3,5 mm, dan USB-C.

Baca juga: HTC Luncurkan Tablet Android A101, Layar 10 Inci dengan Baterai 7.000 mAh

Harga HTC U23 Pro

HTC U23 Pro datang dengan dua warna, yakni Cokelat dan Putih. Ponsel ini dipatok dengan harga 16.990 dollar Taiwan (Rp 8,2 jutaan) untuk varian 8/256 GB dan 17.990 dollar Taiwan (Rp 8,7 jutaan) untuk varian 12/256 GB.

Pembelian perangkat bisa dilakukan melalui situs resmi HTC yang berbasis di Taiwan. Sejauh ini, belum diketahui ketersediaan perangkat di luar wilayah Taiwan, seperti yang dikutip KompasTekno dari GSM Arena, Jumat (19/5/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com