Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencoba Kemampuan OIS dan VDIS di Kamera 48 MP Samsung Galaxy A34

Kompas.com - 22/05/2023, 17:06 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung merilis Galaxy A34 di Indonesia pada pertengahan Maret lalu. Samsung Galaxy A34 dibekali sejumlah fitur fotografi anyar.

Samsung A34 dilengkapi tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 48 MP (f/1.8), kamera ultrawide 8 MP (f/2.2), dan kamera makro 5 MP (f/2.4).

Kamera utama perangkat dilengkapi fitur OIS (Optical Image Stabilization) dan VDIS (Video Digital Image Stabilization). Secara teori, keduanya berfungsi untuk mengurangi guncangan saat pengguna memotret atau merekam video.

Fitur penstabil ini bergantung pada giroskop dan motor kecil yang terdapat di kamera, guna menggerakkan lensa dan sensor kamera secara bersamaan.

OIS dan VIDS dapat menggerakkan lensa dari kiri ke kanan, atas ke bawah, dan sebaliknya. Kemampuan menggerakkan lensa ke empat arah yang berbeda karena umumnya kedua teknologi tersebut dibekali empat sumbu.

Baca juga: Kamera Samsung Galaxy A34 Dibekali OIS, Ini Fungsinya

Cara kerjanya, ketika pengguna memegang Samsung Galaxy A34 dan bergerak dari arah ke kanan, teknologi peredam guncangan (OIS dan VDIS) bakal mengompensasi, alias mengurangi, guncangan dengan menggerakkan lensa ke arah berlawanan. Tujuannya supaya gambar dapat diambil secara stabil.

Ketika OIS ataupun VIDS mengurangi guncangan, gerakan tersebut bakal memanfaatkan giroskop dalam kamera untuk menggeser lensa menggunakan sensor dan elektromagnet, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Police, Senin (22/5/2023).

Untuk membuktikan kecanggihan fitur OIS dan VDIS di Samsung Galaxy A34, KompasTekno berkesempatan menjajal langsung fitur tersebut.

Hasilnya gambar dan video yang diambil terbilang cukup stabil. Misalnya, saat pengguna merekam video menggunakan fitur VDIS, hasil gambarnya bisa lebih stabil walau dibawa sambil berjalan.

Sementara itu, saat menangkap foto dengan fitur OIS, hasil gambar bisa jauh lebih jelas dan jernih walau dibidik sambil bergerak. Hanya saja, ada beberapa guncangan yang tidak didapat diminimalisasi oleh kamera.

Penasaran bagaimana hasil uji coba fitur VDIS dan OIS? Simak ulasan berikut ini.

Uji coba fitur VDIS

Samsung Galaxy A34 5G varian warna awesome silver berikut kotak kemasannya. KOMPAS.com/ OIK YUSUF Samsung Galaxy A34 5G varian warna awesome silver berikut kotak kemasannya.

Saat menguji coba fitur VDIS, KompasTekno merekam video sambil melakukan beberapa gerakan, seperti jalan maju, jalan mundur, berputar ke arah kanan dan ke kiri, lalu dari atas dan ke bawah. Rekaman video diambil dalam kondisi terang dan minim cahaya.

Berikut adalah hasil perbandingan rekaman video yang mengaktifkan fitur VDIS dan tidak.


Perbedaan dari kedua video bisa terlihat dari getaran yang muncul setiap kali dibawa jalan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com