Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Marc Marquez Tanya Arti Bucin ke Warganet Indonesia…

Kompas.com - 25/05/2023, 10:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Bahasa gaul kadang bisa membuat penasaran orang untuk mencari tahu artinya. Bahkan, pebalap MotoGP Marc Marquez pun ikut penasaran dengan arti dari salah satu bahasa gaul dalam bahasa Indonesia, yaitu kata bucin.

Baca juga: Arti Kata “Red Flag”, Bahasa Gaul yang Lagi Ramai Dipakai di Twitter dan TikTok

Pada Rabu kemarin (24/5/2023), tak ada angin tak ada hujan, pebalap internasional kelas atas tersebut mengunggah twit untuk bertanya mengenai arti bucin ke warganet Indonesia. Marc Marquez tanya arti bucin karena ia sering membacanya belakangan.

“Halo Indonesia! Apa arti dari ‘bucin’? Aku sudah membaca kata itu berkali-kali beberapa hari terakhir”, kata Marquez lewat akun Twitter dengan handle @marmarkuez93.

Setelah melontarkan pertanyaan tersebut di Twitter, warganet Indonesia pun tampak berbondong-bondong memenuhi kolom balasan untuk menjelaskan arti bucin ke Marquez.

Beberapa jam setelah bertanya arti bucin ke warganet Indonesia, di hari yang sama, Marquez akhirnya mengetahui juga makna dari bahasa gaul tersebut.

“Terima kasih Indonesia! Aku sekarang tahu apa arti ‘bucin’...”, kata pebalap berusia 30 tahun itu.

Kata bucin sendiri bisa dibilang merupakan bahasa gaul yang cukup sering dipakai di Indonesia. Lantas, sebenarnya apa arti bucin? Bila Anda ikut penasaran juga seperti Marquez, begini penjelasan arti bucin.

Arti bucin dalam bahasa gaul yang bikin penasaran Marquez

Bucin merupakan salah satu kosakata bahasa gaul dalam bahasa Indonesia. Uniknya, sebagai bahasa gaul, istilah bucin sekarang telah dikodifikasi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Dikutip dari KBBI Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud, kata bucin pada dasarnya adalah akronim atau singkatan dari istilah budak cinta. Meski telah termuat di KBBI, tak ada penjelasan lebih lanjut mengenai definisi dari kata bucin (budak cinta).

Arti bucin yang lebih spesifik bisa dijumpai melalui kebiasaan penggunaannya sehari-hari. Dalam kebiasan penggunaannya, istilah bucin artinya mengacu pada perilaku seseorang yang rela melakukan apa pun demi kekasihnya.

Istilah bucin biasa dipakai pengguna untuk menyebut orang yang sedang kasmaran dan terlalu menuruti keinginan kekasihnya, sehingga kadang lupa dengan hubungan sosial lain seperti pertemanan.

Istilah bucin dalam beberapa situasi kadang bisa bermakna negatif karena tindakan rela melakukan apa pun demi kekasih dianggap seperti perbudakan. Di Indonesia, istilah ini pernah secara khusus dijadikan judul film, yaitu film “Bucin” keluaran 2020.

Baca juga: Arti Kata “The Sunset is Beautiful Isn’t It” yang Banyak Dipakai Anak Twitter

Di film tersebut, istilah bucin memiliki konotasi yang negatif. Sekelompok pemuda yang jadi tokoh di film itu bahkan diceritakan sampai harus mengikuti kursus “anti bucin” supaya bisa menjalin hubungan percintaan yang lebih sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com