Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hands-on Vivo Y36 Series, Ponsel Menengah dengan Desain Mewah

Kompas.com - 26/05/2023, 19:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Vivo Y36 dan Vivo Y36 5G resmi dirilis ke Indonesia pada Kamis (25/5/2023). Peluncuran kedua perangkat digelar secara offline dalam sebuah acara di Hotel Langham, Sudirman, Jakarta Pusat.

Desain yang dihadirkan Vivo Y36 series kali ini berbeda dengan pendahulunya, Vivo Y35 yang sudah dirilis pada Agustus 2022 lalu. Sebab, perangkat baru tersebut mengadopsi desain dari ponsel flagship buatan Vivo.

Bagian punggung Y36 series dibalut dengan teknologi Dynamic Glow Design. Lapisan tersebut memadukan material kaca dengan teknik Golden Ripple Process yang menghasilkan aksen mengilap pada perangkat varian warna Crystal Green dan Glitter Aqua.

Sebagai gambaran, masing-masing perangkat datang dengan dua varian warna. Vivo Y36 tersedia dalam warna Glitter Aqua dan Meteor Black, sedangkan Vivo Y36 5G memiliki warna Crystal Green dan Mystic Black.

KompasTekno pun berkesempatan menjajal langsung seluruh model Vivo Y36 series secara langsung pasca-peluncuran. Berikut ulasan hands-on singkat Vivo Y36.

Baca juga: Vivo Y36 Series Resmi di Indonesia, Harga Rp 3 Jutaan

Hands-on Vivo Y36 series

(Kiri-kanan) Perbedaan punggung Vivo Y36 5G dengan Vivo Y36. Walau sama-sama dibalut teknologi Dynamic Glass Design, keduanya memiliki finishing yang berbeda. Salah satu perangkat punya aksen mengkilap, sedangkan satunya dirancang dengan desain glitterKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto (Kiri-kanan) Perbedaan punggung Vivo Y36 5G dengan Vivo Y36. Walau sama-sama dibalut teknologi Dynamic Glass Design, keduanya memiliki finishing yang berbeda. Salah satu perangkat punya aksen mengkilap, sedangkan satunya dirancang dengan desain glitter

Pertama kali menggenggam Vivo Y36 dan Vivo Y36 5G, keduanya punya bobot yang hampir sama dan bodi yang tipis. Hanya saja, Vivo Y36 5G lebih sedikit ringan karena punya bobot 190 gram, sedangkan Vivo Y36 202 gram.

Di bagian belakang, Vivo Y36 5G varian warna Crystal Green punya desain yang mengilap sehingga menciptakan kesan mewah dan elegan.

Kendati demikian, hal tersebut membuat perangkat mudah kotor karena dapat meninggalkan noda sidik jari. Sehingga, pengguna harus membersihkan punggung perangkat secara berkala atau menggunakan casing pelindung.

Berbeda dengan “saudaranya”, Vivo Y36 warna Glitter Aqua. Walau kompak dibalut Dynamic Glow Design, perangkat tidak meninggalkan noda sidik jari. Hal ini dikarenakan punggung perangkat memiliki efek glitter sehingga noda sidik jari bisa lebih tersamarkan.

Sementara untuk varian warna Hitam di kedua model (Mystic Black dan Meteor Black), kedua perangkat dirancang menggunakan material lain bernama Fluorite AG Glass.

Saat KompasTekno menyentuh permukaan punggung, bahan material terasa sangat halus, licin, dan bebas dari noda sidik jari.

Kamera belakang Vivo Y36 5GKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Kamera belakang Vivo Y36 5G

Masih di bagian belakang, Vivo Y36 series dibekali dua sensor kamera yang terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8) dan kamera bokeh 2 MP (f/2.4). Kedua sensor dibenamkan ke dalam modul berbentuk persegi yang diposisikan secara vertikal.

Kedua lampu ditemani oleh lampu kilat LED berbentuk bulat. Modul kamera didesain sedikit menonjol ke atas dari punggung perangkat.

Berlaih ke bagian depan, perangkat dihiasi poni bernama Ultra O Screen untuk menampung kamera depan 16 MP (f/2.45).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com