Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Kata “Cegil” yang Ramai di Twitter dan TikTok

Kompas.com - 27/05/2023, 15:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna media sosial memang tak ada habisnya menggunakan berbagai bahasa gaul dan slang. Tak hanya sedang tren pada saat tertentu, bahasa slang umumnya digunakan saat pengguna merasa relate/terkait dengan kondisinya saat itu.

Salah satunya istilah cegil yang sedang ramai digunakan pengguna wanita. Istilah ini pun juga sering dihubungkan dengan sikap emosional seseorang hingga mengaitkannya dengan lagu-lagu tertentu.

Lantas apa arti cegil yang sering digunakan pengguna di media sosial? Berikut KompasTekno menguraikannya berdasarkan pengamatan di media sosial.

Baca juga: Arti Kata “Red Flag”, Bahasa Gaul yang Lagi Ramai Dipakai di Twitter dan TikTok

Arti Cegil

Cegil merupakan akronim kata dari “Cewek Gila”. Kata ini sebenarnya memiliki arti berbagai macam. Namun sebagian pengguna sering mengartikan istilah ini dengan sikap seseorang yang cukup problematik. Mulai dari memiliki perubahan suasana hati yang drastis, obsesif, agresif, hingga memiliki sikap red flag. Arti kata redflag bisa Anda simak di artikel berikut ini.

Kata ini juga kerap digunakan oleh wanita yang biasanya mengaku memiliki sikap tersebut saat mengagumi pria idamannya. Salah satu contoh penggunaan cegil bisa Anda simak di konten TikTok di bawah ini.

@kos0nglima

pengalaman jd cegil, jan men maen

? ???????????? ???? - ?????

Pada konten di atas menerangkan bahwa pengguna sedang melakukan stalk (menguntit) HP pasangan. Pada video terlihat banyak sekali tab yang dibuka di HP pria tersebut yang diasumsikan bahwa si wanita telah menguntit banyak media sosial pasangannya.

Pengguna pun menjuluki dirinya sebagai “cewek gila” karena memiliki sifat problematik yaitu suka menguntit media sosial tanpa sepengetahuan pasangannya. 

Selain itu istilah cegil juga menjadi salah satu kode untuk para pengguna yang lebih perasa mendengarkan lagu-lagu dari penyanyi tertentu, seperti NIKI, Taylor Swift, dan Lana Del Ray. Sebagian penggunamenganggap lagu-lagu dari ketiga penyanyi itu cukup emosional dan sering terkait dengan hubungan percintaan mereka. Salah satunya pada contohnya pada twit di bawah ini

Twit tersebut berisi ucapan selamat untuk pengguna yang melabeli dirinya cegil saat berhasil mendapatkan tiket konser NIKI di Jakarta. Terdapat kata “backburnerngitis” menjadi sindiran khusus dari pengguna yang mengaitkan dengan lagu NIKI berjudul “buckburner”.

Dilansir KompasTekno dari laman Stylist, back burner merupakan istilah yang kerap dikaitkan dengan hubungan percintaan yang kurang sehat. Menurut psikologi hubungan back burner adalah ketika dua orang yang sedang menjalin hubungan baik berpacaran maupun bertunangan namun salah satu di antaranya masih memiliki orang kedua, ketiga, keempat, dan lainnya.

Contoh saja ketika seorang “backburner” sedang menjalin hubungan dengan seseorang kemudian kandas di tengah jalan, maka mereka tidak akan sedih/galau dan justru melanjutkan untuk mendekati orang kedua. Dengan kata lain mereka memiliki “pacar cadangan”.

Sehingga jika dikaitkan dengan kata cegil bisa bermakna bahwa wanita tersebut sudah memiliki hubungan dengan seseorang namun masih menjalin kedekatan dengan orang lain. Tentu hubungan percintaan seperti ini kurang sehat. Maka dari itu mereka tak jarang melabeli dirinya sebagai “cegil” atau “cewek gila” yang berani mengambil risiko.

Baca juga: Arti Kata MJB yang Sering Dipakai di Twitter

Demikian arti kata cegil yang sering digunakan di Twitter dan TikTok. Perlu diperhatikan bahwa arti cegil tidak memiliki definisi baku dan bisa jadi bermakna beragam tergantung pada topik atau konteks pembicaraan tertentu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com