Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Samsung Galaxy A54 5G, HP Kelas Menengah Rasa Flagship

Kompas.com - 27/05/2023, 19:08 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung memasarkan smartphone Galaxy A54 5G di Indonesia sejak Maret lalu. Ponsel penerus Galaxy A53 ini mengunggulkan aspek kamera dan desainnya yang mengadopsi ponsel flagship.

Lantas, bagaimana ulasannya setelah menggunakan ponsel Samsung Galaxy A54 5G seharga Rp 6,4 juta selama satu bulan? Ikuti pembahasannya berikut ini.

Untuk diketahui, KompasTekno sendiri berkesempatan menjajal Samsung Galaxy A54 5G (8 GB/256 GB) varian warna Awesome Lime versi ritel Indonesia. Berikut ini ulasannya.

Isi kotak kemasan Samsung Galaxy A54 5G

Isi kotak penjualan Samsung Galaxy A54 5G sangat minimalis. Isinya hanya terdiri atas satu unit ponsel, kabel USB C to USB C, SIM card ejector tool, panduan pengguna, serta kartu garansi.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Isi kotak penjualan Samsung Galaxy A54 5G sangat minimalis. Isinya hanya terdiri atas satu unit ponsel, kabel USB C to USB C, SIM card ejector tool, panduan pengguna, serta kartu garansi.
Sebelum masuk ke ulasan soal kinerja dan fitur-fiturnya, kita lihat dulu isi kemasan dari ponsel Samsung A54.

Dari segi kemasan, Samsung Galaxy A54 5G masih datang dengan desain kotak penjualan yang sama seperti pendahulunya.

Misalnya, kemasan masih didominasi oleh warna putih. Di bagian depan kardus, terdapat foto produk yang memperlihatkan desain layar dan punggung Samsung A54 5G.

Ketika dibuka, isi kotak penjualan Samsung Galaxy A54 5G sangat minimalis. Isinya hanya terdiri atas satu unit ponsel, kabel USB C to USB C, SIM card ejector tool, panduan pengguna, serta kartu garansi.

Samsung tidak menyertakan aksesori adapter (kepala) charger di dalam kotak penjualan Galaxy A54 5G.

Karena tak lagi dibekali adapter bawaan, pengguna bisa menggunakan charger HP Samsung lamanya agar tetap bisa menikmati fitur pengisi cepat di Samsung Galaxy A54 5G.

Alternatif lainnya, pengguna bisa membeli adapter Super Fast Charger 25 watt seharga Rp 299.000 secara terpisah.

Baca juga: Ini Beda Samsung Galaxy A34 dan Galaxy A54

Video unboxing Galaxy A54 bisa dilihat lewat video TikTok berikut ini.

@kompastekno unboxing Samsung Galaxy A54 5G in 1 minute. wdyt guys? #samsung #galaxya54 #galaxya545g ? Komang - Raim Laode

Bodi rasa flagship Galaxy S23

Yang paling mencolok dari ponsel ini adalah perubahan desain bagian belakangnya, yang kini mirip dengan ponsel flagship Galaxy S23.

Samsung kini menyematkan tiga kamera "boba" yang disusun secara vertikal dan tanpa modul kamera pada bagian belakang Samsung Galaxy A54. Tiga lensa kamera boba itu di kelilingi dengan cincin berbahan metal.

Desain punggung tersebut membuat Samsung Galaxy A54 sangat mirip dengan Galaxy S23.

Tak hanya itu, Samsung juga untuk pertama kalinya menggunakan material kaca Gorilla Glass 5 untuk punggung Samsung A54 5G. Sehingga tampilan punggung ponsel ini memiliki finishing glossy (mengkilap) dan memiliki efek cermin.

Samsung Galaxy A54 5G memiliki dimensi 158,2 (panjang) x 76,7 (lebar) x 8,2 mm (ketebalan) dengan bobot 202 gram. Dengan dimensi ini, Samsung Galaxy A54 terasa nyaman dan compact ketika digenggam.

Ketika diusap, punggung ponsel ini terasa cukup licin. Sehingga untuk keamanan, tak ada salahnya membeli soft case atau hard case dengan uang sendiri.

Layar lebih terang

Tampilan layar berdesain infinty-O dan punggung Samsung Galaxy A54 5G.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tampilan layar berdesain infinty-O dan punggung Samsung Galaxy A54 5G.
Berbicara soal layar, Samsung Galaxy A54 mengusung panel Super AMOLED 6,4 inci dengan resolusi Full HD Plus serta rasio aspek 19,5:9.

Layar Samsung Galaxy A54 5G memiliki refresh rate 120 Hz sehingga ketika menggeser layar, menavigasi menu, berpindah antar-aplikasi terasa mulus dan lancar. Begitu juga saat menonton video atau film.

Kini, layar ponsel ini memiliki tingkat kecerahan (brightness) maksimum hingga 1.000 nits. Angka tersebut 25 persen lebih terang dari layar Galaxy A53. Tahun lalu, tingkat kecerahan layar Samsung A53 mentok di angka 800 nits.

Dengan angka brightness yang lebih tinggi, layar Samsung Galaxy A54 masih aman dioperasikan saat di bawah sinar matahari.

Di samping itu, karena sudah menggunakan panel Super AMOLED, layar Samsung Galaxy A54 sudah mendukung fitur biometrik berupa pemindai sidik jari di bawah layar (in-display fingerprint scanner). Fitur ini akan semakin memudahkan pengguna ketika membuka kunci layar.

Baca juga: Indahnya Musim Semi di Korea dalam Bidikan Samsung Galaxy A54 5G

Tiga kamera plus fitur Nightography

Ilustrasi mode pemotretan resolusi penuh 50 MP (rasio 3:4) di Galaxy A54 5G.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustrasi mode pemotretan resolusi penuh 50 MP (rasio 3:4) di Galaxy A54 5G.
Samsung Galaxy A54 5G mengunggulkan kamera 50 MP (f/1.8). Kamera tersebut disebut-disebut lebih canggih dibandingkan kamera utama 64 MP pada Galaxy A53 yang dirilis tahun lalu.

Pasalnya, kamera 50 MP Samsung A54 kini dilengkapi sensor Sony IMX766 dengan ukuran sensor 1/5.6 inci dan tiap pikselnya berukuran 1 mikron.

Dengan spesifikasi ini, Samsung menyebut pengguna Samsung Galaxy A54 bisa memotret gambar yang jauh lebih tajam dan bagus lagi ketimbang Galaxy A53.

Kamera 50 MP Galaxy A54 5G kini juga memiliki OIS (Optical Image Stabilization) dengan sudut yang lebih besar, yaitu 1,5 derajat. Benefit OIS yang lebih besar ini adalah bisa menghasilkan foto dan video yang lebih stabil lagi. Kamera ini juga didukung all-pixel autofocus 100 persen untuk mendapatkan fokus yang lebih baik.

Kamera 50 MP itu ditemani oleh kamera ultrawide 12 MP (f/2.2) dan kamera makro 5 MP (f/2.4).

Samsung A54 5G juga mewarisi satu fitur fotografi yang ada di lini flagship Galaxy S Series, yaitu Nightography. Ini pertama kalinya fitur Nightography hadir di ponsel kelas menengah Samsung.

Hasil jepretan kamera utama 50 MP Galaxy A54 5G. KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Hasil jepretan kamera utama 50 MP Galaxy A54 5G.
Dari pengalaman KompasTekno, secara keseluruhan, hasil foto yang dihasilkan dari kamera Galaxy A54 5G ini terbilang bagus. Terutama hasil foto dari kamera utama (wide) 50 MP.

Ketika memotret dalam kondisi cahaya cukup, seperti di siang hari, kamera utama 50 MP pada mode normal mampu menangkap warna dan detail objek dengan jelas. Hasilnya pun terang dan jernih, seperti gambar di atas.

Saat di malam hari, kamera utama Samsung A54 5G dalam mode normal sebenarnya sudah bisa menghasilkan foto yang baik. Namun, pengguna bisa menggunakan fitur Nightography untuk membuat hasil foto di kondisi cahaya minim jauh lebih tajam, detail, dan terang, seperti gambar di bawah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com