Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fix Jadi HP Konser 2023, Ini Hasil Fancam Konser Suga Pakai Galaxy S23 Ultra

Kompas.com - 28/05/2023, 10:01 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Suga BTS alias Agust D menggelar konser solo di ICE BSD, Tangerang selama tiga hari pada 26-28 Mei 2023. KompasTekno berkesempatan menonton konser solo Suga di hari pertama, Jumat (26/5/2023).

Kali ini, kami membawa ponsel Samsung Galaxy S23 Ultra untuk mengabadikan konser Suga yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam. Kami berada di area festival, tepatnya di CAT 1A.

Sepengalaman kami, Galaxy S23 Ultra bisa diandalkan untuk mengabadikan konser Suga karena mampu mengambil gambar yang stabil dan jernih. Meski, kami merekamnya hanya bermodal topangan tangan dan sambil berjoget "tipis" mengikuti irama musik.

Selama konser kami menggunakan fitur video bawaan yang ada di Galaxy S23 Ultra. Kami memilih perekaman resolusi tinggi, yaitu UHD (4K) dengan frame rate 30 dan 60 fps. Dengan mode ini, kami bisa mendapatkan gambar yang jernih.

Karena resolusinya tinggi, pengguna juga harus siap ruang memori yang banyak demi keleluasaan merekam fancam konser Suga kali ini. 

Sebenarnya, Samsung Galaxy S23 Ultra juga punya fitur perekaman 8K 30 fps. Namun, kami tidak menggunakan fitur ini karena cukup dengan resolusi 4K.

Selama kurang lebih menyaksikan Agust D manggung, kami mengabadikan lebih dari 500 foto dan video dengan ukuran file lebih dari 50 GB.  

@kompastekno sent from my Galaxy #s23ultra ???? #suga #agustd #agustdtour #jakarta #dday #ddaytour #fyp ? original sound - Tekno Kompascom

Kamera telefoto jadi andalan

Samsung Galaxy S23 Ultra dipakai untuk merekam konser SUGA | Agust D D-Day Tour in Jakarta.KOMPAS.com/ Caroline Saskia Samsung Galaxy S23 Ultra dipakai untuk merekam konser SUGA | Agust D D-Day Tour in Jakarta.
Selama konser, kami menggunakan kamera utama 200 MP (zoom 1x) untuk merekam suasana panggung dan penonton dalam bidang yang luas (wide). Hasilnya, fancam memiliki kualitas HD alias jernih dan terang.

Kami berdiri cukup jauh dari panggung, sehingga kami banyak memanfaatkan dua kamera telefoto Galaxy S23 Ultra. Kedua kamera telfoto itu sama-sama beresolusi 10 MP, namun dengan dua zoom optis yang berbeda, yaitu 3x dan 10x.

Selain zoom optis, Galaxy S23 Ultra juga punya zoom digital hingga space zoom 100x. Namun, arena konser di ICE yang notabene tak terlalu besar, membuat kami cukup menggunakan kamera telefoto dengan zoom optis 3x dan 10x saja.

Dengan begitu, kami bisa mendapatkan hasil fancam yang jauh lebih bagus ketimbang video yang direkam dengan zoom digital.

@kompastekno POV Agust D Tour Jakarta Day 1 dari Cat 1A. have army day 2 n day 3???? #suga #bts #yoongi #agustdtour #jakarta #fyp ? LIMITS THE SKY - Mpax

Pada dasarnya, kamera Galaxy S23 Ultra ini sudah terang dengan setelan pabrik. Ketika panggung menampilkan efek lighting atau background, kamera Galaxy S23 Ultra bisa menjadi terlalu terang alias over exposure. Untuk mengakalinya, kami selalu menurunkan exposure ke paling rendah selama menonton konser.

Caranya cukup mudah, ketika sudah masuk ke mode video, pengguna tinggal klik layar. Nanti muncul ikon matahari. Nah, gesera ikon matahari ke arah kiri untuk menurunkan exposure. Pengguna juga bisa mengunci fokus dengan mengeklik tombol kunci yang muncul bersamaan dengan ikon matahari. Fungsinya agar kamera selalu fokus pada obyek yang sedang direkam, sekalipun obyek itu bergerak.

Fitur perekaman video di kamera Galaxy S23 Ultra sebenarnya sudah cukup dan memudahkan untuk merekam fancam konser. Karena setting videonya dilakukan otomatis, pengguna hanya perlu mengatur fokus dan exposure tadi.

Namun, pengguna juga bisa merekam fancam video dengan mode pro, menggunakan fitur "Pro-Video". Semua pengaturan perekaman video di mode Pro-Video dilakukan secara manual oleh pengguna. Mulai dari setting ISO, shutter speed, EV, white balance, mikrofon.

Jadi, pengguna harus siap siaga mengatur setting secara manual sesuai kondisi panggung.

Seluruh hasil fancam konser SUGA | Agust D TOUR di Jakarta Day 1 bisa disaksikan lewat highlight Instagram @teknokompas atau lewat TikTok @kompastekno.

@kompastekno all we need is A to the G to the U to the STD???????????? #suga #agustd #yoongi #minyoongi #bts #agustdtour #jakarta #dday #ddaytour #fyp ? original sound - Tekno Kompascom
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com