Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Meluncur, Game TLOTR Ini Dapat Skor Terburuk Sepanjang 2023

Kompas.com - 28/05/2023, 17:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GamesRadar

KOMPAS.com - Game "The Lord of the Rings: Gollum" yang meluncur hari Kamis (25/5/2023) kemarin mendapatkan skor paling rendah sepanjang 2023 di situs ulasan game OpenCritic dan Metacritic.

Dari total 44 ulasan dari berbagai media game, permainan yang mengadaptasi novel populer "The Lord of the Rings" itu mendapat skor rata-rata 42 di OpenCritic.

Hanya 5 persen di antaranya merekomendasikan pengguna untuk menjajal game ini.

Dengan skor seperti ini, "Gollum" menduduki posisi ke-217 alias terakhir untuk peringkat game pada tahun ini.

Di atasnya, terdapat game "Across the Valley" dengan skor 42 juga, "The Crown of Wu" dengan skor 44, "Gun Jam" dengan skor 50, serta "We Are The Caretakers" dengan skor 50.

Baca juga: Daftar Game PS5 yang Bisa Dimainkan Pakai Keyboard dan Mouse

Sebagai perbandingan, titel game dengan skor tertinggi untuk tahun ini diamankan oleh "The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom".

Hal ini menjadi menarik karena "Zelda" dan "Gollum" sama-sama diluncurkan pada bulan Mei.

"Zelda" menggeser posisi "Metroid Prime Remastered" sebagai game terbaik 2023, sedangkan "Gollum" menggantikan "Across the Valley" sebagai game terburuk pada tahun yang sama.

Beralih ke situs ulasan Metacritic, "The Lord of the Rings: Gollum" mendapatkan skor 43 untuk platform PC dan 40 untuk PlayStation 5 (PS5).

Skor The Lord of the Rings: Gollum di MetacriticKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Skor The Lord of the Rings: Gollum di Metacritic
Keduanya berbaris di belakang "Clive 'N' Wrench" dengan skor 50, "Crime Boss: Rockay City" dengan skor 52, dan "The Last Worker" dengan skor 53.

Melihat dari sejumlah ulasan dari media game kenamaan, kebanyakan dari mereka memberikan skor 1 hingga 5 untuk permainan terbaru besutan perusahaan Daedalic Entertainment tersebut.

Sebagai contoh, situs game IGN memberikan skor 4/10 untuk "Gollum". Dalam ulasannya, IGN menghujani kritik untuk aspek mekanisme gameplay-nya dan ceritanya yang terlalu monoton.

Mereka merasa bahwa gameplay menyusup secara diam-diam alias stealth di "Gollum" terlalu simpel. Pemain dapat dengan mudah melewati musuh begitu saja tanpa harus cerdik memikirkan solusi.

Baca juga: Game Balap Lego 2K Drive Akhirnya Meluncur di Indonesia

Kedua poin tersebut juga dibahas oleh media game Eurogamer. Hal ini ditambah lagi dengan segudang celah kerusakan (bug) yang ditemukan jurnalis dalam berbagai adegan.

Skor The Lord of the Rings: Gollum di OpenCriticKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Skor The Lord of the Rings: Gollum di OpenCritic

Dengan demikian, mereka kerap kali harus mengulang game dari checkpoint terakhir atau bahkan mengulang satu chapter secara keseluruhan.

Halaman:
Sumber GamesRadar
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com