Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Senyum Suga BTS Lebih Dekat dengan Samsung Galaxy S23 Ultra

Kompas.com - 29/05/2023, 11:30 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Suga atau Agust D, salah satu personel boyband BTS asal Korea Selatan, menggelar konser solonya di ICE BSD, Tangerang selama tiga hari pada 26–28 Mei 2023.

KompasTekno mendapat kesempatan untuk datang ke konser hari pertama bertajuk “Suga | D Agust in Jakarta” sambil menjajal kebolehan dari kamera Galaxy S23 Ultra. Ini adalah smartphone pertama bikinan Samsung yang hadir dengan kamera 200 MP.

Selain memiliki kamera 200 MP, Galaxy S23 Ultra juga ditemani tiga kamera lainnya yang terdiri dari kamera ultrawide 12 MP (f/2.2) dengan sudut pandang 120 derajat, kamera telefoto 10 MP (f/4.9) dengan zoom optik 10x, dan kamera telefoto 10 MP (f/2.4) zoom optik 3x.

Kehadiran kamera telefoto secara tidak langsung memudahkan penonton untuk membidik objek dengan jarak yang cukup jauh.

Baca juga: Memotret Suga BTS dengan HP Konser Samsung Galaxy S23 Ultra

Mengingat jarak KompasTekno ke panggung sekitar 8-10 meter, kamera telefoto tersebut sangat membantu dan mempermudah dalam memotret aksi dan momen Suga BTS di panggung.

KompasTekno mencoba memotret aksi Suga dengan memanfaatkan perbesaran zoom optik dengan rentang 10-30x. Gambar yang dihasilkan ternyata bisa jauh lebih close-up, dari kepala hingga perut. Wajah dan senyum Suga BTS bahkan bisa terlihat dengan lebih jelas dan dekat.

Menangkap aksi dan momen Suga BTS di konser Suga | D Agust in Jakarta menggunakan Samsung Galaxy S23 UltraKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Menangkap aksi dan momen Suga BTS di konser Suga | D Agust in Jakarta menggunakan Samsung Galaxy S23 Ultra

Fitur ini bisa digunakan ketika pengguna membuka aplikasi kamera Galaxy S23 Ultra. Kemudian, terdapat angka di atas tombol kamera, seperti 0,6x, 1x, 3x, dan 10x. Ketika mengeklik zoom 10x, kamera akan menawarkan opsi zoom 30x hingga 100x.

Pengguna bisa berkreasi menggunakan sejumlah fitur kamera Galaxy S23 Ultra. Namun, perlu diketahui bahwa semakin tinggi zoom optik yang dilakukan, kamera akan semakin sensitif terhadap gerakan kecil, lebih mudah bergoyang (shaky). Alhasil, foto yang dibidik lebih berpotensi untuk blur.

Untuk menyiasati hal tersebut, KompasTekno mengaktifkan fitur “Scene Optimizer”, yakni fitur peredam guncangan saat memotret. Guncangan atau goyangan kecil dapat langsung diminimalisasikan oleh kamera.

Kendati demikian, fitur tersebut hanya dapat meredam guncangan kecil saja. Mengingat selama di konser sebagian besar penonton bergoyang dan berjoget, ada sedikit kesulitan saat memotret aksi Suga BTS di titik lokasi sejauh 8-10 meter.

Jika ingin memanfaatkan fitur telefoto ini, pastikan tangan benar-benar dalam kondisi yang sangat stabil.

Baca juga: Pengalaman Army Pakai Samsung Galaxy S23 Ultra di Konser Suga BTS

Momen ketika Suga BTS mengambil jeda dan menunggu intro untuk bait lagu selanjutnyaKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Momen ketika Suga BTS mengambil jeda dan menunggu intro untuk bait lagu selanjutnya

Atau opsi lainnya, memanfaatkan momen Suga BTS sedang tidak melakukan banyak gerakan. Sebagai contoh, saat Suga BTS diam menikmati intro musik untuk pindah ke bait selanjutnya, memainkan gitar dan piano dalam keadaan duduk, berinteraksi dengan penonton, dan sebagainya.

Selama momen tersebut berlangsung, KompasTekno memanfaatkan waktu tersebut untuk memotret wajah dan penampilan dari Suga BTS dari dekat.

Upaya tersebut cukup berhasil karena hasil foto yang dipotret dapat lebih jelas dan detail ketimbang mengambil momen Suga bernyanyi lagu upbeat (ketukan cepat) atau sedang berjoget.

Lagu yang bertempo pelan dan lambat juga terasa lebih emosional sehingga ekspresi dari penyanyi bisa tergambarkan lebih jelas menggunakan zoom optik 30x Galaxy S23 Ultra.

Hasil foto Suga BTS yang tengah bermain gitar di atas panggungKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Hasil foto Suga BTS yang tengah bermain gitar di atas panggung

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com