Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Setop Layanan Simpan Foto Gratis My Photo Stream Juli 2023

Kompas.com - 29/05/2023, 13:30 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple akan menyetop layanan simpan foto gratis My Photo Stream dalam waktu dekat. Hal ini disampaikan Apple dalam sebuah pengumuman terbaru yang diunggah di laman dukungan (Support) di situs Apple.com. 

Dalam pengumuman tersebut, disampaikan bahwa layanan My Photo Stream akan ditutup (shut down) pada 26 Juli 2023 mendatang. 

Sekadar informasi, My Photo Stream adalah layanan yang memungkinkan pengguna perangkat iOS menyimpan foto-foto di galeri mereka (maksimal 1.000 gambar, tanpa pemangkasan kualitas) dalam 30 hari terakhir di iCloud secara gratis.

Karena maksimal penyimpanan foto di layanan My Photo Stream tidak terpaut dengan media penyimpanan (storage) iCloud, maka layanan ini menjadi plihan bagi pengguna yang ingin mengakses banyak foto-foto mereka secara online di perangkat iOS lain. 

 Baca juga: Cara Menghapus Foto di Google Photos untuk Menghemat Ruang Penyimpanan

Saat ini, Apple sendiri sudah memiliki layanan serupa yang dinamai iCloud Photos. Namun, berbeda dengan My Photo Stream, iCloud Photos akan memakan storage iCloud.

Artinya, jika pengguna merupakan penikmat layanan gratisan yang hanya mendapatkan jatah storage iCloud 5 GB, mereka harus mengeluarkan uang untuk membeli layanan storage iCloud tambahan apabila ingin menyimpan banyak foto dengan resolusi tinggi. 

Menurut situs Apple, harga iCloud storage termurah adalah Rp 15.000 untuk 50 GB, dan Apple menyebut layanan ini akan menjadi pengganti dari My Photo Stream. 

"Ke depannya, iCloud Photos merupakan satu-satunya cara yang bisa dipakai pengguna untuk menyimpan dan mengakses foto-foto mereka dari seluruh perangkat iOS," tulis Apple, dikutip KompasTekno dari Apple.com, Senin (29/5/2023). 

Ilustrasi album My Photo Stream di Mac.MacRumors Ilustrasi album My Photo Stream di Mac.

Terkait penutupan layanan My Photo Stream, perlu dicatat bahwa pengguna masih bisa mengunggah foto mereka di My Photo Stream hingga 30 hari sebelum tanggal penyetopan layanan, yaitu pada 26 Juni 2023. 

Setelah tanggal tersebut, pengguna tak lagi bisa mengunggah foto yang tersimpan di galeri atau aplikasi Photos di My Photo Stream. 

Baca juga: Cara Menghapus Foto di iCloud Tanpa Menghilangkannya di iPhone

Selain itu, foto-foto yang tersimpan di My Photo Stream juga sejatinya tak akan hilang, asalkan gambar-gambar tersebut tersimpan dan berasal dari galeri suatu perangkat iOS (iPhone, iPad, atau iPod touch). 

Jika foto tersebut tidak ada atau sudah dihapus dari galeri perangkat iOS yang disebutkan di atas, maka pengguna bisa mengunduh gambar-gambar yang tersimpan di My Photo Stream terlebih dahulu dengan cara sebagai berikut:

Cara simpan foto My Photo Stream di iPhone, iPad, atau iPod touch

  • Buka aplikasi Photos dan buka album foto yang ingin disimpan.
  • Buka menu "My Photo Stream" dan pilih menu "Select".
  • Pilih foto yang ingin disimpan dan klik tombol "Share"
  • Klik "Save Image".

Cara simpan foto My Photo Stream di Mac

  • Buka aplikasi Photos dan buka album foto My Photo Stream.
  • Pilih foto yang ingin disimpan yang tidak tersedia di perangkat Mac atau menu Library Anda.
  • Geser foto-foto tersebut ke menu Library di Mac Anda.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com