Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Aksi Suga BTS di Dalam Minimnya Cahaya dengan Fitur Nightography Samsung Galaxy S23 Ultra

Kompas.com - 29/05/2023, 15:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu personel boyband asal Korea Selatan, BTS, yakni Agust D alias Suga, menggelar konser solonya yang bertajuk “Suga | D Agust in Jakarta” di ICE BSD, Tangerang selama tiga hari pada 26–28 Mei 2023.

KompasTekno berkesempatan hadir di konser solo Suga BTS hari pertama pada Jumat (26/5/2023) kemarin, sekaligus membawa ponsel Samsung Galaxy S23 Ultra untuk mengabadikan momen selama konser berlangsung.

Konser dimulai sekitar pukul 19.00-21.00 WIB. Walaupun konser diselenggarakan di dalam ruangan, suasana konser dibuat seolah seperti malam hari. Pencahayaannya dibuat minim, hanya mengandalkan lampu sorot panggung dan "ARMY Bomb" (lightstick BTS) yang dibawa para penonton.

Baca juga: Memotret Suga BTS dengan HP Konser Samsung Galaxy S23 Ultra

Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri ketika memotret suasana yang minim cahaya. Kesulitan yang umumnya ditemukan adalah kamera menjadi lebih sensitif terhadap cahaya sehingga kemungkinan foto blur lebih tinggi, serta memunculkan bintik foto (noise).

Momen ketika Suga BTS mengambil jeda dan menunggu intro untuk bait lagu selanjutnyaKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Momen ketika Suga BTS mengambil jeda dan menunggu intro untuk bait lagu selanjutnya

Guna memaksimalkan hasil foto yang dipotret, KompasTekno menggunakan fitur Nightography di Galaxy S23 Ultra untuk memotret keseruan konser Suga BTS di ICE BSD. Fitur ini sudah ada sebelumnya di Galaxy S22.

Nightography memang mirip dengan mode malam, hanya saja kemampuannya lebih dimaksimalkan. Dalam fitur Nightography, Samsung merancang hardware maupun software agar mampu menghasilkan foto maupun video yang bagus dalam kondisi cahaya rendah seperti saat malam hari.

Baca juga: Apa Itu Nightography yang Jadi Andalan di Samsung Galaxy S22?

Ketika membuka kamera perangkat, fitur Nightography bakal aktif secara otomatis. Kamera langsung mendeteksi suasana/objek yang difoto dan mengaktifkan Nightography bila diperlukan. Tanda fitur ini sudah aktif bisa dilihat di pojok kanan layar. Jika ikon bulan sabit tersebut berwarna kuning, artinya fitur tersebut sudah aktif.

Sebagai gambaran, Galaxy S23 Ultra terdiri dari empat kamera belakang, yaitu kamera utama 200 MP, kamera ultrawide 12 MP dengan sudut pandang 120 derajat, kamera telefoto 10 MP zoom optik 10x, dan kamera telefoto 10 MP zoom optik 3x.

Hasil foto dengan fitur Nightography di Galaxy S23 Ultra (telefoto 10x zoom optik)KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Hasil foto dengan fitur Nightography di Galaxy S23 Ultra (telefoto 10x zoom optik)

Fitur Nightography cukup memberi kontribusi yang signifikan pada gambar yang dipotret. Gambar tersebut tidak terlihat terlalu gelap. Adapun detail, saturasi, dan kontras yang ditampilkan juga cukup jelas.

Akan tetapi, bila lihat lebih saksama, tingkat sharpness (ketajaman) foto sedikit berkurang serta memunculkan bintik foto pada area gambar yang lebih gelap.

Hal ini wajar mengingat situasi konser Suga BTS saat itu minim cahaya. Kemudian, noise yang dihasilkan juga tidak berlebihan sehingga secara tidak langsung dapat memberi tekstur pada foto yang dihasilkan.

Hasil gambar konser Suga BTS (Agust D) di ICE BSD menggunakan Galaxy S23 Ultra, Jumat (26/5/2023)KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Hasil gambar konser Suga BTS (Agust D) di ICE BSD menggunakan Galaxy S23 Ultra, Jumat (26/5/2023)

Foto yang di atas diambil menggunakan perbesaran 3x, 10x, dan 30x. Dengan rentang perbesaran tersebut, hasil foto yang diambil sudah cukup karena sesuai dengan jarak KompasTekno ke panggung, yaitu sekitar 8-10 meter.

Ketika memanfaatkan fitur perbesaran, pastikan kondisi tangan harus benar-benar mampu memegang smartphone dengan stabil. Seperti yang disebut di atas, kamera pada dasarnya lebih sensitif terhadap gerakan kecil di kondisi minim cahaya daripada saat siang hari.

Selain memanfaatkan Nightography, KompasTekno juga mengaktifkan fitur “Scene Optimizer”, serta fitur Optical Image Stabilization (OIS) yang mampu meredam guncangan, khususnya saat pengguna melakukan perbesaran gambar di kamera.

Kebolehan fitur lainnya yang juga dimanfaatkan adalah mode ultrawide. Mode ultrawide mampu menghasilkan gambar dengan sudut pandang yang lebih luas sehingga suasana dan keseruan konser bisa lebih tergambarkan. Berikut adalah hasil gambarnya.

Suasana penonton CAT 1 di konser Suga BTS pada Jumat (26/5/2023) yang diambil menggunakan kamera ultrawide Samsung Galaxy S23 UltraKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Suasana penonton CAT 1 di konser Suga BTS pada Jumat (26/5/2023) yang diambil menggunakan kamera ultrawide Samsung Galaxy S23 Ultra

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com