Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Mengatasi WiFi Tidak Terhubung Setelah Ganti Password

Kompas.com - 29/05/2023, 15:30 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Mengganti password WiFi biasa dilakukan pengguna karena berbagai alasan. Salah satunya dari aspek keamanan agar WiFi tidak mudah diretas. Namun tak jarang setelah mengganti WiFi pengguna berhadapan dengan eror yang sering terjadi.

Salah satunya WiFi yang tidak dapat terhubung ke jaringan internet. Akibatnya Anda tidak dapat menelusuri situs internet yang dituju. Penyebab WiFi tidak bisa terhubung biasanya disebabkan oleh beragam hal. 

Mulai dari password WiFi yang salah, saluran frekuensi yang eror, hingga router yang perlu di-restart. Untuk mengatasi hal ini berikut ini cara mengatasi WiFi tidak dapat terhubung setelah ganti password.

Baca juga: 3 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Laptop

Cek kembali kata sandi baru yang telah Anda ganti

Kata sandi biasanya tersusun atas angka, huruf kapital, huruf kecil, hingga tanda khusus dengan beberapa digit yang panjang. Bisa jadi password WiFi terbaru yang Anda masukkan salah atau terdapat angka/tanda atau huruf yang keliru.

Maka dari itu Anda perlu memeriksa ulang password terbaru yang baru saja Anda ganti. Periksa kembali dan masukkan ulang kata sandi terbaru Anda.

Hapus profil jaringan di perangkat

Cobalah untuk menghapus jaringan profil WiFi kemudian hubungkan ulang. Untuk menghapus profil jaringan di laptop Windows dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Klik ikon WiFi
  • Klik “Network & Internet Settings”
  • Pilih “Manage known networks”
  • Pilih profil WiFi yang ingin Anda hapus kemudian klik “Forget”
  • Selanjutnya cobalah terhubung kembali dengan memasukkan kata sandi terbaru Anda

Cara menghapus profil jaringan WiFi di HP

  • Klik ikon “WiFi” di ponsel Anda
  • Klik ikon panah pada WiFi kemudian pilih “Lupakan Jaringan”
  • Setelah itu cobalah untuk menghubungkan WiFi kembali 

Restart router

Melakukan restart router bisa jadi dapat mengatasi WiFi yang tidak terhubung setelah mengganti password. Tekan tombol power pada router WiFi sampai mati, kemudian biarkan router WiFi mati hingga kurang lebih selama lima menit, setelah lima menit hidupkan router dan masukkan password terbaru WiFi Anda.

Menambah SSID pada jaringan WiFi

Service Set Identifier (SSID) merupakan istilah untuk nama jaringan tertentu pada WiFi. Umumnya setiap router WiFi memiliki lebih dari satu SSID yang berguna untuk mengakses internet.

Apabila SSID pertama tidak dapat terhubung dengan jaringan internet maka cobalah untuk menambah SSID baru dengan mengkonfigurasikan kembali nama dan password terbaru.

Baca juga: Trik Akses WiFi Tanpa Perlu Masukkan Password

Demikian cara mengatasi WiFi tidak connect setelah mengganti password. Selain mengatasi WiFi tidak terhubung setelah mengganti password, terdapat trik untuk memperkuat sinyal WiFi di rumah. Tutorial meningkatkan sinyal WiFi dapat Anda simak di artikel “5 Cara agar Sinyal WiFi di Rumah Makin Ngebut”.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com