Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Siapkan Fitur Screen Sharing Serupa Zoom

Kompas.com - 30/05/2023, 09:00 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, WhatsApp menambah jumlah maksimal partisipan dalam panggilan video grup (group video call) dari 8 orang menjadi 32 orang.

Penambahan ini dilakukan demi memenuhi kebutuhan orang yang gemar rapat online melalui video call. Selain itu, fitur tersebut juga kabarnya dibuat untuk menyaingi dominasi Zoom

Kini, WhatsApp kabarnya kembali menghadirkan fitur ala Zoom. Fitur yang dimaksud adalah Screen Sharing yang memungkinkan pengguna membagikan tampilan layar mereka kepada para partisipan di sebuah group video call.

Kehadiran fitur Screen Sharing di WhatsApp sendiri diumbar oleh WABetaInfo, sebuah blog yang biasa membagikan bocoran fitur-fitur baru WhatsApp.

Baca juga: Jangan Pernah Kirim “WA Me Settings” atau Aplikasi WhatsApp Bakal Eror!

Dalam sebuah postingan terbaru, mereka mengunggah tangkapan layar (screenshot) seputar cara kerja fitur Screen Sharing, sebagaimana bisa dilihat pada gambar berikut ini.

Ilustrasi fitur Screen Sharing di WhatsApp.WABetaInfo Ilustrasi fitur Screen Sharing di WhatsApp.

Pada gambar di atas, tampak bahwa fitur Screen Sharing bisa diaktifkan dengan mengeklik ikon "Screen Sharing" yang terletak tepat di sebelah kiri ikon untuk mengaktifkan tampilan "Video".

Ketika ikon tersebut diklik, pengguna akan disodorkan dengan jendela pop-up untuk mengonfirmasi bahwa mereka setuju untuk membagikan tampilan layar mereka ke pengugna WhatsApp lain. 

Setelah mengeklik tombol "Start now", maka semua yang tampil di layar pengguna akan bisa dilihat oleh pengguna WhatsApp lain, sama seperti halnya fitur Screen Sharing di Zoom. 

Jika pengguna ingin menyetop pembagian tampilan layar ponsel mereka, pengguna cukup mengeklik tombol "Stop sharing" yang ada di layar.

Tak bisa berjalan di ponsel Android lawas?

Belum diketahui apakah fitur Screen Sharing ini akan hadir dan mendukung WhatsApp di berbagai platform lain atau tidak. 

Namun, WABetaInfo menyampaikan fitur ini kemungkinan tak akan tersedia di ponsel dengan sistem operasi (OS) Android lawas, boleh jadi karena melibatkan fitur untuk membagi tampilan layar alias screen recording atau casting

Baca juga: Apakah Chat di WhatsApp Bisa Membuat Memori HP Penuh? Begini Penjelasannya

Tidak disebutkan OS Android versi berapa yang kabarnya tak bisa menggunakan fitur Screen Sharing ini.

WABetaInfo menambahkan bahwa fitur ini juga disebut tidak bisa digunakan di panggilan video grup dengan banyak partisipan, misalnya di angka maksimal 32 orang.

Selain itu, pengguna lain dengan versi WhatsApp yang belum diperbarui juga kemungkinan tidak akan bisa melihat konten apa yang sedang ditampilkan pengguna yang tengah memakai fitur Screen Sharing. 

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari WABetaInfo, Selasa (30/5/2023), fitur Screen Sharing ini kabarnya sudah bisa dijajal para pengguna WhatsApp Beta versi 2.23.11.19. 

Belum bisa dipastikan kapan para pengguna WhatsApp versi "reguler" mendapatkan fitur berbagi layar secara langsung melalui video group call di WhatsApp ini. Sebab, WhatsApp belum mengumumkan hal apapun terkait fitur ini. 

Biasanya fitur-fitur teranyar WhatsApp, terutama yang sudah diuji coba pengguna WhatsApp Beta, bisa dijajal para pengguna umum dalam beberapa waktu ke depan. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WABetaInfo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com