Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus Zenfone 10 Bakal Pakai Kamera Galaxy S23 Ultra?

Kompas.com - 30/05/2023, 18:02 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber SamMobile

KOMPAS.com - Pabrikan smartphone asal Taiwan, Asus bersiap meluncurkan ponsel flagship Asus Zenfone 10.

Meski tanggal rilisnya belum diungkap, bocoran spesifikasi Asus Zenfone 10 ini sudah bertebaran di internet. Salah satunya, bocoran soal Zenfone 10 yang bakal dibekali kamera 200 MP seperti Galaxy S23 Ultra.

Bukan hanya resolusinya saja yang sama-sama 200 MP, Asus Zenfone 10 konon juga bakal menggunakan sensor kamera yang sama dengan Galaxy S23 Ultra, yaitu Isocell HP2.

Sensor kamera Isocell HP2 merupakan sensor kamera 200 MP terbaru bikinan Samsung. Sensor ini pertama kali digunakan di Galaxy S23 Ultra.

Sensor kamera yang mendukung resolusi hingga 200 MP ini merupakan sensor 1/1,3 inci dengan ukuran piksel sebesar 0,6 mikrometer (μm).

Baca juga: Ini Dia Kelebihan Kamera 200 MP Milik Samsung Galaxy S23 Ultra

Asus siapkan ponsel Zenfone 10.Asus Asus siapkan ponsel Zenfone 10.
Sensor gambar Isocell HP2 ini dibekali beragam teknologi yang memungkinkan pengguna menghasilkan gambar beresolusi besar yang kaya detail. Salah satunya berkat teknologi penggabungan piksel "Tetra2pixel" yang mampu menggabungkan 16 piksel menjadi satu.

Dengan Tetra2pixel, sensor itu akan memungkinkan kamera menawarkan satu sensor piksel berukuran besar, sehingga mampu menangkap lebih banyak cahaya lagi ketimbang pixel binning empat piksel menjadi satu.

Teknologi Tetra2pixel ini disebut berguna ketika memotret di berbagai kondisi cahaya, utamanya kondisi cahaya redup.

Baca juga: Samsung Bikin Sensor 200 MP dengan Piksel Terkecil di Industri

Bocoran lainnya menyebutkan, Asus Zenfone 10 konon bakal ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2. Samsung Galaxy S23 Ultra sendiri menggunakan chipset versi spesial dari Snapdragon 8 Gen 2, yaitu Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy.

Dengan begitu, bila bocoran ini akurat, maka Asus Zenfone 10 bisa menjadi penantang langsung Samsung Galaxy S23 Ultra karena memiliki sensor kamera yang sama dan chipset yang mirip.

Soal kamera, saat ini, Asus tengah mengadakan jajak pendapat lewat situs resminya, kepada Asus member dan pengguna internet secara umum untuk menentukan preferensi hasil foto. Menurut Asus, hasil voting itu bakal "membentuk masa depan fotografi Zenfone dan menyempurnakan sistem kamera Zenfone 10".

Bocoran spesifikasi lainnya, Asus Zenfone 10 diyakini bakal memiliki layar AMOLED 6,3 inci, refresh rate 120 Hz, RAM hingga 16 GB, penyimpanan media 512 GB, sebagai dihimpun KompasTekno dari SamMobile, Selasa (30/5/2023).

Ponsel penerus Asus Zenfone 9 kabarnya ditopang baterai 5.000 mAh dengan fitur pengisian cepat 67 watt, dan sudah tahan air dan debu dengan rating IP68. Hingga kini, belum diketahui kapan Asus akan meluncurkan Zenfone 10 secara resmi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SamMobile
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com