BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Desain Eye Catching, Daya Baterai Besar, dan Performa Andal Jadi Alasan Ponsel Lipat Begitu Dilirik

Kompas.com - 31/05/2023, 18:30 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Penggunaan ponsel pintar lipat atau foldable smartphone saat ini tengah populer di berbagai kalangan. Utamanya, di kalangan eksekutif muda.

Selain menawarkan performa yang andal dan desain yang eye catching, foldable smartphone juga digemari karena memiliki kapasitas daya yang cukup besar.

Seperti diketahui, keberadaan smartphone dengan kapasitas baterai yang besar berperan penting dalam membantu menunjang aktivitas di luar rumah.

Oleh karena itu, memiliki foldable smartphone seakan jadi keniscayaan, terutama untuk para pekerja di kota besar dengan mobilitas cukup tinggi.

Di Jakarta, misalnya. Hasil riset dari perusahaan basis data Numbeo.com pada 2021 menyebutkan bahwa satu kali perjalanan di Ibu Kota rata-rata membutuhkan waktu minimal 52,88 menit.

Bahkan, jika mempertimbangkan jarak dan waktu perjalanan yang dilakukan pada jam padat, seperti waktu berangkat ataupun pulang kantor, estimasi waktu perjalanan yang dilakukan bisa memakan waktu lebih dari satu jam.

Bagian sebagian orang, terjebak dalam suasana kepadatan lalu lintas adalah hal yang melelahkan dan membosankan.

Untuk mengalihkan perasaan tersebut, sebagian orang biasa menikmati konten-konten digital yang dapat diakses melalui smartphone, mulai dari mendengarkan musik hingga podcast.

Bagi yang menaiki kendaraan umum, aktivitas seru lain yang umumnya bisa dilakukan lewat smartphone adalah bermain game.

Baca juga: Pertama Kali, Peluncuran Ponsel Lipat Menghadirkan Pop-Up Store dan Dihadiri Ratusan Sosialita hingga Selebritas

Selain untuk mengisi waktu luang di tengah kepadatan lalu lintas Ibu Kota, penggunaan smartphone berdaya besar juga dinilai dapat memudahkan seseorang untuk bisa terkoneksi secara digital.

Apalagi, jika Anda adalah seorang eksekutif yang kerap disibukkan oleh banyak hal. Maka dari itu, menjaga smartphone agar tetap hidup sangat penting bagi Anda agar tak melewatkan banyak informasi ataupun komunikasi yang bersifat darurat.

Buat smartphone lebih awet

Selain menunjang dan memperlancar aktivitas harian penggunanya, kapasitas daya juga berkaitan dengan tingkat keawetan smartphone.

Dikutip dari techcabal.com, semakin besar daya yang dimiliki oleh smartphone, semakin panjang pula waktu penggunaan perangkat tersebut. Alhasil, smartphone cenderung lebih awet lantaran tak terlalu sering melakukan pengisian daya.

Selain menunjang dan memperlancar aktivitas harian penggunanya, kapasitas daya juga berkaitan dengan tingkat keawetan smartphone.Dok. Oppo Selain menunjang dan memperlancar aktivitas harian penggunanya, kapasitas daya juga berkaitan dengan tingkat keawetan smartphone.

Sementara itu, menurut laman nytimes.com, mengisi daya baterai smartphone terlalu sering dapat mempercepat penurunan kinerjanya.

Hal tersebut lantaran smartphone ditenagai oleh baterai lithium-ion yang bekerja dengan cara memindahkan muatan ion dari satu elektroda ke elektroda lain. Ion ini bergerak ke satu arah saat mengisi daya dan ke arah lain saat pemakaian.

Adapun saat perpindahan terjadi, ion akan memberi tekanan pada elektroda dan menyebabkan berkurangnya masa pakai baterai.

Maka dari itu, tak heran jika saat ini ponsel pintar, termasuk foldable smartphone, yang memiliki kapasitas daya besar begitu diminati, seperti Oppo Find N2 Flip contohnya.

Baca juga: Nicholas Saputra: Oppo Find N2 Flip “Paket Komplet” untuk Jadi Standar Baru HP Lipat

Foldable smartphone itu dibekali baterai dengan daya cukup besar, yakni sebesar 4.300 mAh. Kapasitas ini diklaim jadi yang paling besar untuk kategori ponsel lipat di Tanah Air.

Dengan baterai sebesar itu, Oppo Find N2 Flip diklaim dapat menyala hingga 20 jam untuk memutar video Youtube, 16 jam untuk menjelajah media sosial, dan 6 jam untuk melakukan panggilan video WhatsApp.

Kehadiran baterai tersebut juga telah didukung dengan teknologi pengisian daya supercepat, yakni SuperVOOC 44W. Baterai Oppo Find N2 Flip dapat terisi sekitar 50 persen hanya dalam waktu 23 menit dan 100 persen dalam waktu satu jam.

Agar baterai pada smartphone tidak cepat rusak, Oppo membagikan sejumlah tip.

Tip pertama, segera lakukan pengisian saat notifikasi untuk pengisian daya muncul. Hindari juga kebiasaan untuk mengisi ulang saat baterai sudah habis atau 0 persen.

Selanjutnya, usahakan untuk mengisi daya Oppo Find N2 Flip dengan aksesori resmi Oppo yang termasuk di dalam kemasan atau yang dibeli melalui pusat layanan purnajual.

Dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Rabu (31/5/2023), salah seorang eksekutif muda asal Jakarta menuturkan, keunggulan kapasitas daya yang ada pada Oppo Find N2 Flip jadi salah satu alasan dirinya membeli smartphone tersebut.

Terlebih, ia kerap menghabiskan waktu lebih dari 1,5 jam perjalanan untuk berangkat dan pulang bekerja.

Tak hanya itu, kehadiran pengisi daya SuperVOOC 44W untuk mendukung pengisian daya juga ia nilai menjadi nilai plus.

Sebab, dengan teknologi tersebut, ia tak lagi membutuhkan waktu lama dalam melakukan pengisian daya smartphone.

Selain punya kapasitas daya lumayan besar, antusiasmenya terhadap Oppo Find N2 Flip juga tak lepas berkat keberadaan desainnya yang compact, stylish, dan premium.

Adapun desain yang compact dari Oppo tak lepas berkat teknologi New Generation Flexion Hinge yang tersemat pada smartphone tersebut.

Tak hanya itu, dengan teknologi itu, Oppo Find N2 Flip dapat bergerak dengan mulus layaknya pergerakan sendi dalam tubuh manusia. Flexion hinge ini juga berfungsi sebagai penyangga ketika layar sedang terlipat.

Kehadiran teknologi tersebut juga diklaim mampu menghilangkan celah antara layar saat ponsel dilipat sehingga tampilan yang diberikan lebih terintegrasi sekaligus dapat melindungi layar dalam dari goresan.

Oppo Find N2 Flip hadir dalam dua varian warna, yakni Moonlit Purple dan Astral BlackDok. Oppo Oppo Find N2 Flip hadir dalam dua varian warna, yakni Moonlit Purple dan Astral Black

Untuk varian warna, foldable smartphone itu juga hadir dengan warna yang cukup unik, yakni Moonlit Purple dan Astral Black. Berkat itu, ponsel lipat terbaru dari Oppo ini cocok dipadukan dengan berbagai busana.

Punya performa jempolan

Selain memberikan perangkat berkelas dan desain premium, Oppo Find N2 Flip juga memiliki keunggulan pada kamera.

Adapun kamera Oppo Find N2 Flip Oppo Find N2 Flip dilengkapi dengan teknologi dari Hasselblad sehingga smartphone ini mampu menghasilkan gambar yang lebih bertekstur.

Oppo Find N2 Flip dibekali dengan dua kamera belakang yang hadir secara vertikal pada bagian kiri cover screen.

Kedua kamera itu terdiri dari lensa Sony IMX890 dengan resolusi sebesar 50 MP dan kamera Sony IMX355 ultrawide 8 MP.

Baca juga: Tren Foldable Smartphone Terus Meningkat, Ini Alasan Konsumen Pilih Ponsel Lipat sebagai The Next Daily Driver

Sementara, pada bagian depan, Oppo Find N2 Flip dilengkapi dengan kamera Sony IMX709 beresolusi 32 MP yang ditempatkan pada modul punch hole.

Terkait performa, Oppo Find N2 Flip hadir dengan chipset Mediatek Dimensity 9000 Plus yang dipadukan dengan RAM LPDDR5 berkapasitas 8 GB dan media penyimpanan UFS 3.1 dengan kapasitas 256 GB.

Performa ponsel itu juga didukung dengan sistem operasi (OS) Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) ColorOS 13.

Pada bagian layar, Oppo Find N2 Flip punya layar utama Ultra Thin Glass yang memiliki jenis panel LTPO AMOLED berukuran 6,8 inci, resolusi Full HD Plus, refresh rate 120 Hz, dan tingkat kecerahan mencapai 1.600 nits.

Oppo Find N2 Flip didukung dengan teknologi dan fitur terkini.Dok. Oppo Oppo Find N2 Flip didukung dengan teknologi dan fitur terkini.

Fitur pendukung lain yang ada di Oppo Find N2 Flip adalah Dual Speaker Dolby Atmos, Side-Mounted Fingerprint Scanner, 5G, dan Near Field Communication (NFC). Itu tadi spesifikasi yang ada pada Oppo Find N2 Flip.

Oppo Find N2 Flip dibanderol seharga Rp 14.999.000. Pelanggan yang membeli Oppo Find N2 Flip pada sesi pre-order akan mendapatkan keuntungan ekstra senilai Rp 4.550.000 berupa Oppo Premium Services. Keuntungan ini juga termasuk layanan Oppo Care Plus selama satu tahun.

Lewat Oppo Care Plus, pelanggan akan mendapatkan benefit asuransi kerusakan atau asuransi garansi penggantian unit baru selama satu tahun dan serta gratis dua kali penggantian antigores original UV/AR setiap tahun.

Pelanggan juga bisa menikmati program cashback cicilan kartu kredit dari mitra bank Oppo hingga Rp 1 juta dan keuntungan tambahan senilai hingga Rp 8,5 juta bagi pengguna setia aplikasi My Oppo.

Bagi yang tertarik membeli produk Oppo Find N2 Flip, silakan kunjungi tautan berikut.

Baca tentang

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com