Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi 14 Pro Punya Layar Melengkung dan Bezel Tipis?

Kompas.com - 05/06/2023, 17:02 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Xiaomi kabarnya tengah menyiapkan smartphone flagship Xiaomi 14 Pro, yang menjadi bagian dari Xiaomi 14 series.

Meski belum dikonfirmasi secara resmi, bocoran terkait keberadaan smartphone flagship tersebut sudah beredar di media sosial. Terbaru, bocoran desain Xiaomi 14 Pro beredar di internet.

Bocoran Xiaomi 14 Pro tersebut pertama kali diumbar oleh tipster (pembocor) gadget kenamaan, Ice Universe di jejaring sosial Twitter.

Berdasarkan render tiga dimensi (3D) yang dibagikan Ice Universe, Xiaomi 14 Pro tampak memiliki layar yang luas dan bezel (bingkai layar) yang sangat tipis di keempat sisinya.

Dengan bezel seperti ini, ponsel ini kemungkinan bisa menghadirkan efek layar penuh (full screen) untuk penggunanya.

Baca juga: Ratusan HP Xiaomi Lawas Ini Tak Lagi Dapat Update

Sebuah ponsel dapat dikatakan memiliki efek layar penuh jika bezelnya sangat tipis dan rasio layar ke bodinya mendekati 100 persen.

Keempat sisi layar itu juga terlihat memiliki lengkungan (quad-curved). Di tengah atas layar, terdapat lubang (punch hole) yang memuat kamera selfie.

Bila dibandingkan dengan desain pendahulunya, Xiaomi 13 Pro, smartphone ini sekilas terlihat sama karena layar lengkung dan modul kamera yang melengkapinya.

Akan tetapi, bezel Xiaomi 14 Pro tampak lebih "ramping" terutama di sisi bawah layar alias dagu.

Dengan desain yang tampak lebih "ramping" itu, Ice Universe menyebut bahwa Xiaomi kemungkinan akan menggantikan posisi Samsung sebagai pesaing Apple dari segi desain ponsel.

"Xiaomi perlahan-lahan akan menggantikan Samsung untuk bersaing dengan Apple dalam segi desain (smartphone). Dari Note10 hingga S23 Ultra, dagu ponsel Samsung tidak mengalami peningkatan," tulis Ice Universe.

Baca juga: Xiaomi Redmi Note 12 Pro 4G Dijual di Indonesia, Harga Mulai Rp 3,5 Juta

Bocoran spesifikasi Xiaomi 14 Pro

Bukan hanya desain, bocoran spesifikasi Xiaomi 14 Pro juga sudah beredar di jagat maya.

Salah satu pembocor gadget di forum Weibo, Digital Chat Station, mengeklaim bahwa Xiaomi 14 Pro bakal diotaki chipset SM8650 alias Snapdragon 8 Gen 3.

Bocoran ini sejalan dengan "tradisi" Xiaomi dalam mengandalkan prosesor Qualcomm Snapdragon teranyar untuk ponsel kelas atasnya.

Dengan chipset berfabrikasi 4nm ini, Xiaomi 14 Pro menawarkan peningkatan performa sebesar 30 persen ketimbang Xiaomi 13 Pro yang mengandalkan Snapdragon 8 Gen 2.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com