Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TEKNO] - Alasan Pengguna Android Pindah ke iPhone | Konsumen Tak Bisa Beli HP Realme di Situs Resmi Sebulan ke Depan

Kompas.com - 06/06/2023, 06:55 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah riset mengungkap alasan pengguna smartphone Android yang beralih ke iPhone. Dalam riset tersebut, ada beberapa alasan yang membuat pengguna Android pindah ke iPhone. Berita ini menjadi artikel teknologi terpopuler di KompasTekno.

Selain itu, ada pula berita lain soal layanan asisten virtual Microsoft, Cortana yang akan disetop tahun akhir tahun ini. Perubahan ini hanya hanya akan berdampak pada Cortana di Windows saja.

Berita teknologi terpopuler lain adalah web resmi Realme Indonesia yang sedang dalam masa perbaikan. Oleh karena itu, konsumen pun tidak bisa membeli HP Realme di situs resmi secara langsung.

Selengkapnya, berikut rangkuman berita teknologi terpopuler di KompasTekno.

Baca juga: [POPULER TEKNO] - Segera Hapus, 101 Aplikasi Android Ini Mengandung Spyware | 108 HP Xiaomi Lawas yang Tak Lagi Dapat Update

Alasan pengguna Android pindah ke iPhone

Lembaga riset konsumen Consumer Intelligence Research Partners (CIRP) merilis laporan yang memaparkan alasan pengguna ponsel Android beralih ke iPhone.

Dalam riset yang dirilis pada akhir Mei tersebut, CIRP mengatakan bahwa mayoritas pengguna Android beralih ke iPhone bukan karena ingin berada di ekosistem Apple, melainkan karena ponsel Android mereka lemot atau rusak dan perlu diganti.

Pengguna Android yang pindah ke iPhone dengan alasan ini mencapai 53 persen dari total responden yang disurvei CIRP. Tidak disebutkan berapa jumlah responden di survei CIRP. Hasil riset selengkapnya bisa disimak di artikel "Riset Ungkap Alasan Pengguna Ponsel Android Pindah ke iPhone".

Microsoft akan tutup Cortana akhir tahun

Ilustrasi Cortana.Voicebot.ai Ilustrasi Cortana.

Microsoft bakal menyetop layanan asisten virtual, Cortana untuk seluruh pengguna Windows pada akhir tahun ini. Penutupan layanan ini diumumkan melalui halaman support Microsoft.

“Mulai akhir 2023, kami tidak lagi mendukung layanan Cortana di Windows sebagai aplikasi yang berdiri sendiri (standalone app). Kendati begitu, Anda tetap dapat mengakses fitur produktivitas di Windows dan Edge yang mengandalkan kemampuan AI,” ungkap Microsoft.

Microsoft menjelaskan bahwa pengguna tetap dapat mengakses pekerjaan, kalendar, e-mail, dan fitur lainnya. Penutupan layanan hanya berimbas pada Cortana di Windows, tetapi asisten virtual Cortana bakal tetap tersedia untuk Outlook dan Teams versi mobile.

Informasi selengkapnya bisa disimak di artikel "Ini Pengganti Cortana, Asisten Virtual Windows yang Disetop Akhir 2023".

Nokia C110 dan C300 meluncur

Nokia C110.GSMArena Nokia C110.

HMD Global, pemilik lisensi merek ponsel Nokia, resmi meluncurkan dua ponsel entry-level terbaru di pasar global pekan ini. Kedua ponsel tersebut adalah Nokia C110 dan Nokia C300.

Meski menyasar kategori bawah, kedua ponsel ini sudah dibekali dengan fitur ketangguhan yang bisa dibilang cukup mumpuni. Sebab, keduanya sudah dibekali dengan sertifikasi anti air dan debu dengan rating IP52.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com