Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kominfo Suntik Mati TV Analog di Makassar 20 Juni, Medan Menyusul Bulan Depan

Kompas.com - 06/06/2023, 10:02 WIB
Yudha Pratomo

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkap jadwal suntik mati siaran televisi analog di Makassar dan Medan.

Siaran TV analog di Makassar dan sekitarnya (Sulawesi Utara) akan dihentikan per 20 Juni pukul 24.00 WITA. Sementara siaran tv analog di Medan dan sekitarnya (Sumatera Utara) akan disetop pada pertengahan Juli mendatang

"Masyarakat di Kota Makassar dan Medan diimbau dari jauh-jauh hari untuk menyiapkan perangkat TV menuju era baru TV digital yang bersih gambarnya, jernih suaranya, dan canggih teknologinya," kata Direktur Penyiaran Kementerian Kominfo, Geryantika Kurnia, dikutip KompasTekno dari Antara, Selasa (6/6/2023).

Baca juga: 15 Hal tentang Migrasi TV Analog ke TV Digital yang Wajib Diketahui

Menurut Geryantika, data Nielsen menunjukkan bahwa per awal Juni ini penetrasi siaran tv digital mencapai hampir 80 persen secara nasional.

Data tersebut juga memperlihatkan bahwa penetrasi siaran tv digital bahkan sudah mencapai 95 persen untuk 11 kota besar di area pengukuran Nielsen.

Menurut Geryantika, saat ini ada sebanyak 591 stasiun televisi yang memanfaatkan infrastruktur multipexing (MUX) di 112 wilayah siaran untuk 341 kota dan kabupaten.

sementara sebanyak 94 stasiun televisi sisanya masih dalam proses migrasi siaran analog ke digital.

ASO sendiri merupakan program Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang diamanatkan di dalam UU Cipta Kerja.

Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi dan Penyiaran (PP Postelsiar), pada Pasal 72 angka 8 disebutkan bahwa ASO harus diselesaikan selambat-lambatnya dua tahun sejak diundangkan, yakni tanggal 2 November 2022, namun, kemudian molor.

Baca juga: Perbedaan TV Digital dan TV Analog

Migrasi TV Analog ke TV Digital memiliki beberapa alasan dan tujuan. Misalnya, masyarakat bisa menikmati tayangan visual yang lebih jernih menggunakan TV Digital. Selain itu, jumlah channel yang tersedia di TV Digital juga lebih banyak.

Sebab, setiap frekuensi disebut bisa memuat 6-12 siaran TV Digital. Kominfo mengatakan saat ini sudah ada 40 lembaga penyiaran TV yang menyediakan siaran TV Digital. Pengalihan siaran ke TV Digital juga bisa membuka peluang internet yang lebih ngebut di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com