Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MacBook Air 15 Inci Meluncur, Seri "Air" dengan Layar Terbesar

Kompas.com - 06/06/2023, 10:33 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Apple

KOMPAS.com - Dalam acara tahunan Worldwide Developers Conference (WWDC) 2023 yang digelar secara daring (online) pada Selasa (6/6/2023) pukul 01.00 WIB, Apple MacBook Air terbarunya.

Macbook Air anyar ini tersedia dalam dua pilihan ukuran layar yaitu 15 inci dan 13 inci. Ini pertama kalinya Apple merilis MacBook Air berukuran 15 inci. Pendahulunya hanya menawarkan ukuran layar 11 inci dan 13 inci saja.

Apple juga mengklaim MacBook Air 15 inci menjadi laptop 15 inci tertipis di dunia. Sebab, bodi MacBook Air ini memiliki ketebalan “hanya” 1,15 cm.

Apple menyebut bahwa MacBook Air generasi terbaru 12 kali lebih cepat dari MacBook Air model Intel sebelumnya. Perangkat ini diklaim punya baterai lebih tahan lama, lebih terang, lebih tipis, hingga lebih ringan.

Kendati begitu, kedua perangkat mengusung spesifikasi dan desain yang serupa. Perbedaannya hanya terletak pada ukuran layar, resolusi layar, dimensi dan bobot, dan beberapa fitur lainnya.

Baca juga: Harga MacBook Pro M2 Pro & M2 Max Terbaru di Indonesia, Mulai Rp 36 Juta

Spesifikasi MacBook Air 15 inci

Ilustrasi penggunaan MacBook Air 13 inciYoutube/Apple Ilustrasi penggunaan MacBook Air 13 inci
MacBook Air 15 inci mengusung panel IPS LED seluas 15,3 inci dan menawarkan resolusi 2.880 x 1.864 piksel. Layar perangkat memiliki tingkar kecerahan maksimum 500 nits, dengan teknologi Liquid Retina, wide color (P3), dan True Tone.

Layar ini juga dihiasi oleh poni (notch). Notch tersebut berfungsi menampung kamera depan untuk panggilan video. Dengan kamera tersebut, pengguna bisa melakukan FaceTime dengan resolusi gambar 1080 piksel.

MacBook Air 15 inci ditenagai oleh chip Apple M2 yang terdiri dari delapan inti CPU, 10 inti kartu pengolah grafis (GPU) dan 16 inti dari Neural Engine, prosesor khusus untuk mengolah kecerdasan buatan.

Chip tersebut dipadu dengan tiga opsi RAM dan empat opsi ruang penyimpanan (storage) berjenis SSD. Pilihan yang ditawarkan RAM adalah 8 GB, 16 GB, dan 24 GB, sedangkan storage yang tersedia adalah 256 GB, 512 GB, 1 TB, dan 2 TB.

Sistem operasi yang dijalankan untuk saat ini adalah macOS Ventura yang akan diikuti dengan perbaruan macOS Sonoma yang diperkenalkan Apple dalam kesempatan yang sama.

MacBook Air 14 inci ini akan menjadi perangkat yang juga tidak dibekali kipas bawaan. Soal daya, MacBook Air 15 inci diklaim dapat bertahan selama 18 jam untuk pemutaran film Apple TV dan mendukung pengisian daya 66,5 watt atau pengisian daya cepat 70 watt.

Baca juga: Spesifikasi Apple M2 Pro dan M2 Max, Chip Terbaru buat Macbook Pro

Tampilan layar depan MacBook Air 15 inciYoutube/Apple Tampilan layar depan MacBook Air 15 inci

Sama seperti kebanyakan MacBook yang diperkenalkan, perangkat ini juga dilengkapi trackpad dan Magic Keyboard yang terdiri dari 78—79 tombol termasuk 12 tombol fungsi dan 4 tombol tanda panah.

Sistem keamanan yang diadopsi adalah pemindai sidik jari bernama Touch ID. Di samping perangkat, terdapat satu colokan charger jenis magnetis (magsafe), dua colokan Thunderbold atau USB 4.

Fitur pendukung lainnya adalah enam speaker force-cancelling woofers, speaker wide stereo, dilengkapi Dolby Atmos untuk memaksimalkan suara, mikrofon jenis tiga arah, jack audio 3,5 mm, Wi-Fi 6, dan Bluetooth 5.3.

Spesifikasi Macbook Air 13 inci

Tampilan bodi dari MacBook Air 13 inciApple Tampilan bodi dari MacBook Air 13 inci

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Sumber Apple
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com