Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPadOS 17 Meluncur, Bawa Fitur Custom Lockscreen dan Reactions di Face Time

Kompas.com - 06/06/2023, 13:30 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Apple mengumumkan sistem operasi (OS) untuk iPad bikinannya, yakni iPadOS 17. iPadOS 17 diumukan Apple di ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2023 pada Selasa (6/6/2023) dini hari waktu Indonesia.

iPadOS 17 akan mulai digelontorkan dalam versi beta ke sejumlah pengembang. Setelah itu, rencananya Apple baru akan merilis iPadOS 17 ke publik (semua pengguna) sekitar September hingga Desember 2023.

Di acara WWDC 2023, Apple menjelaskan beberapa fitur yang dibawa iPadOS 17. Berikut adalah deretan fitur barunya.

Lockscreen yang disesuaikan

Fitur kustomisasi lockscreen di iPadOS 17Apple Fitur kustomisasi lockscreen di iPadOS 17

Salah satu fitur baru iPadOS 17 adalah "Custom Lockscreen", di mana pengguna iPad dapat menyesuaikan tampilan layar yang sedang terkunci (lock screen). Fitur ini sebelumnya sudah diluncurkan ke iOS 16.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengganti, merombak, atau mendesain ulang wallpaper mereka, menyesuaikan kebutuhan dan selera. Misalnya, menambah widget, mengganti jenis font, warna tulisan, dan sebagainya.

“Pengguna iPhone sangat menyukai personalisasi layar lockscreen. Jadi, kami membawa pengalaman tersebut ke dalam iPad. Hanya dengan mengetuk dan menahan layar (tap and hold) untuk memulai kustomisasi,” ujar Craig Federigh, SVP Software Engineering Apple di kanal YouTube Apple.

Baca juga: iOS 17 Meluncur, Bawa Fitur Baru Journal dan Standby Mode

Live Activities

Tampilan Live Activities di iPadOS 17Apple Tampilan Live Activities di iPadOS 17

Fitur baru iPadOS 17 berikutnya adalah dukungan widget secara langsung (Live Activities). Fitur ini memungkinkan pengguna memantau status pemesanan makanan, rencana liburan, timer, hingga hasil skor pertandingan bola yang berjalan secara real-time (langsung), dan sebagainya.

Dengan widget yang menampilkan status layanan tertentu, pengguna tidak perlu membuka lockscreen perangkat.

Aplikasi kesehatan baru

Aplikasi kesehatan di iPadOS 17Apple Aplikasi kesehatan di iPadOS 17

Beralih ke fitur lainnya, Apple menghadirkan aplikasi kesehatan yang memiliki tampilan lebih besar. Hal ini dilakukan agar memudahkan pengguna memantau data kesehatan dengan cara yang lebih komprehensif.

Seluruh data kesehatan nantinya bakal langsung terintegrasi dengan produk Apple lainnya, seperti iPhone dan Apple Watch.

Buka PDF pakai Notes

Notes di iPadOS 17 hadirkan fitur yang lebih interaktif dan dapat berkolaborasi dengan pengguna iPad lainnya untuk mengerjakan tugasApple Notes di iPadOS 17 hadirkan fitur yang lebih interaktif dan dapat berkolaborasi dengan pengguna iPad lainnya untuk mengerjakan tugas

iPadOS 17 juga melakukan peningkatan lain untuk aplikasi Notes. Menurut penjelasan Manager Apple Pencil Software Engineering, Jenny Chen, aplikasi Notes bakal memudahkan pengguna untuk membuka, mencoret, menandatangani file dengan format PDF, dan beberapa modifikasi lainnya.

Halaman:
Baca tentang
Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com