Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel NextDev Summit 2023 Dibuka, Ajang Temu Startup dan Investor

Kompas.com - 07/06/2023, 13:15 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Telkomsel menggelar ajang konferensi tahunannya, The NextDev Summit 2023 pada Rabu (7/6/2023). Acara ini digelar secara offline di M Bloc Space, Jakarta Selatan, selama dua hari yaitu 7 dan 8 Juni 2023.

Dalam acara bertajuk "Tech with Impact for Sustainable Living", Telkomsel mengajak seluruh pegiat bisnis (startup), khususnya di bidang teknologi dan ekosistem digital, untuk berkolaborasi bersama para stakeholders guna mendorong ekonomi digital Indonesia.

Kerja sama tersebut tidak hanya mengajak seluruh pihak di Indonesia, tetapi juga Asia Tenggara.

Menurut Vice President Corporate Communications Telkomsel, Saki H. Bramono, momen ini sudah berlangsung selama delapan tahun.

Ajang ini diharapkan dapat memberi kesempatan kepada para pelaku usaha untuk bertemu para investor dan pegiat startup lainnya guna meningkatkan nilai dan fundamental usaha yang tengah dikembangkan.

Baca juga: IndiHome Dapat Restu Gabung ke Telkomsel

"Kami berharap perjalanan ini dapat dijalani dengan baik. Lalu, suatu hari dapat menjadi startup yang benar-benar berdampak. Kami selalu ingin menciptakan relevansi dengan menciptakan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan," ungkap Saki.

Saki juga menyebut bahwa peserta yang berhasil lolos di kompetisi NextDev Summit 2023 sebanyak 12 peserta. Semua finalis nantinya masih perlu melewati babak penyisihan untuk masuk ke empat besar.

Kemudian, Telkomsel NextDev 2023 bakal memilih satu peserta yang dapat mengemukakan ide startup terbaik. Pemilihan ide terbaik baru akan diumumkan pada 8 Juni 2023.

Selama acara berlangsung pada hari ini, Rabu (7/6/2023), peserta dapat mengikuti berbagai sesi untuk melakukan pembelajaran mendalam dengan topik-topik yang fokus dan spesifik. Mulai dari webinar, workshop, investor meet-up, discussions, keynote, seminar, dan panel discussion.

(kiri-kanan) Manager CSR Education and Public Community Development Telkomsel Hadi Sucipto, Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono, General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel Andry P. Santoso dalam acara pembukaan The NextDev Summit 2023 di M Bloc Space, Jakarta Selatan pada Rabu (7/6/2023)KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto (kiri-kanan) Manager CSR Education and Public Community Development Telkomsel Hadi Sucipto, Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono, General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel Andry P. Santoso dalam acara pembukaan The NextDev Summit 2023 di M Bloc Space, Jakarta Selatan pada Rabu (7/6/2023)

Kendati demikian, Sakit sempat menyinggung terkait meningkatknya tren "tech winter". Tech winter merupakan kondisi penurunan minat dan investasi dalam teknologi di kalangan investor. Nah, tren tersebut masih berlanjut hingga 2023, menurut penuturan Saki.

Walau sejumlah pelaku usaha, khususnya startup berada di kondisi yang cukup menyulitkan, hal tersebut tidak mengurungkan minat para pegiat bisnis untuk belajar dan mendaftar di NextDev. Justru, jumlah pendaftar program di tahun ini mengalami peningkatan dibanding tahun lalu.

“Waktu kami roadshow ke empat kota (Medan, Bali, Manado, Jakarta), kami mendatangi teman-teman startup dan masih banyak (yang berminat) di Indonesia. Ada 274 pedaftar untuk NextDev, lebih banyak dibanding tahun lalu. Ada pertumbuhan,” jelas Saki.

Baca juga: Telkomsel Luncurkan Paket Internet Roaming untuk Jemaah Haji

Antusias yang cukup tinggi di antara kalangan pegiat bisnis diharapkan dapat memanfaatkan momen tersebut dengan sebaik mungkin. Para peserta juga diharapkan dapat menciptakan ide startup/bisnis yang baru yang sejalan dengan ekonomi digital di Indonesia.

"Ini adalah Summit yang menjadi hasil akhir dari grooming para peserta dari (program) NextDev. Harapannya demo day hari ini dapat menunjukkan seberapa siap mereka (para peserta) masuk ke ekosistem digital Indonesia," ungkap Manager CSR Education and Public Community Development Telkomsel Hadi Sucipto dalam kesempatan yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com