Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Setop Produksi Prosesor Core Gen-11 Tiger Lake

Kompas.com - 07/06/2023, 15:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Intel akan menyetop produksi prosesor Core generasi ke-11 atau Tiger Lake. Beberapa versi prosesor Tige Lake yang  akan disetop produksinya, antara lain Core i3-1115G4, Core i5-1130G7, dan Core i7-1165G7.

Sebenarnya, pada bulan April lalu Intel juga sudah menghentikan produksi beberapa varian Tiger Lake. Jadi, prosesor yang disetop produksinya kali ini adalah prosesor yang tersisa dari jajaran Tiger Lake.

Intel menyatakan masih menerima pesanan prosesor gen-11 hingga 27 Oktober 2023 mendatang. Pesanan terakhir akan dikirimkan perusahaan pada 29 Desember 2023 dan 28 Juni 2024.

Tiger Lake merupakan chip dengan arsitektur 10 nm dari Intel yang dirilis Mei 2021. Prosesor ini awalnya ditujukan terutama untuk laptop. Namun karena persaingan ketat dari AMD Ryzen 4000 (Renoir), Intel kemudian meluncurkan 65W B-series yang memungkinkan klien memasang prosesor Tiger Lake ke sistem desktop.

Baca juga: Intel Catat Kerugian Terbesar dalam Sejarah Perusahaan

Bagi Intel maupun perusahaan teknologi lainnya, sudah menjadi tradisi untuk menyetop produksi produk lawas, terutama jelang peluncuran produk baru.

Dengan disetopnya jajaran prosesor gen-11, rangkaian katalog Intel Core yang tersisa antara lain Core gen-12 (Alder Lake) dan Core gen-13 yang memiliki kode nama Raptor Lake.

Intel juga disebut sudah menyiapkan prosesor generasi baru dengan kode nama Meteor Lake. Prosesor ini konon sudah siap sejak akhir tahun 2022. CEO Intel, Pat Gelsinger berkata bahwa prosesor Meteor Lake bakal dilengkapi dengan AI logic khusus, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PCWorld, Rabu (7/6/2023).

Perusahaan semikonduktor ini memang belum mengungkapkan tanggal peluncuran prosesor Meteor Lake gen-14. Namun menurut roadmap perusahaan, prosesor tersebut bakal dirilis tahun ini.

Baca juga: Intel dan Arm Kerja Sama Bikin Chip HP Baru

Menurut rumor yang bersumber dari Youtuber Moore’s Law Is Dead menyebutkan bahwa prosesor anyar Intel itu bakal diperkenalkan pada Oktober 2023.

Konon prosesor dengan kode nama Meteor Lake itu bakal hadir dengan 14 inti (core) yang dibagi menjadi enam inti pendukung performa dan delapan inti penunjang efisiensi.

Prosesor ini juga disebut-sebut bakal mendukung DDR5 dan LPDDR5 serta PCIe 5.0. Saat peluncurannya, Intel juga diprediksi akan menyetop dukungan DDR4.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com