Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna iOS 17 Bisa Bikin Stiker Animasi Sendiri Pakai Foto

Kompas.com - 07/06/2023, 17:01 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber MacRumors

KOMPAS.com - Apple resmi meluncurkan sistem operasi iOS 17 dalam gelaran konferensi pengembang tahunan Worldwide Developers Conference (WWDC) yang digelar 5 Juni lalu.

Salah satu fitur menarik yang hadir di iOS 17 yaitu kemampuan pengguna untuk membuat stiker animasi sendiri menggunakan foto. Dengan fitur ini, semua pengguna iOS 17 bisa membuat stiker animasi sendiri, ketimbang memakai stiker bawaan iOS.

Cara membuat stiker animasi dengan foto sendiri di iOS 17 terbilang lebih sederhana dibanding proses pembuatan stiker pada umumnya. Sebab, pengguna tak perlu menggunakan aplikasi tambahan untuk membuat stiker.

Pengguna iOS 17 hanya perlu memilih suatu foto di galeri atau pustaka lainnya, kemudian menentukan objek yang ingin dijadikan stiker animasi.

Baca juga: iOS 17 Meluncur, Bawa Fitur Baru Journal dan Standby Mode

Bila sudah ditentukan, pengguna perlu menahan (hold) objek tersebut, hingga menemukan opsi "Add Sticker" (Tambahkan Stiker). Dengan menekan opsi tersebut, pengguna akan diarahkan ke antarmuka pembuatan stiker.

Ilustrasi pembuatan stiker di iOS 17MacRumors Ilustrasi pembuatan stiker di iOS 17

Dari situ, pengguna bisa menambahkan bermacam efek, misalnya efek garis, kilau dan lainnya. Apple juga memungkinkan pengguna untuk menghapus item pada objek terkait.

Selain foto, pengguna juga bisa memakai objek dari Live Photos atau foto bergerak untuk dijadikan stiker. Objek dari konten ini nantinya akan menjadi stiker animasi bergerak.

Ilustrasi pembuatan stiker di iOS 17MacRumors Ilustrasi pembuatan stiker di iOS 17

Ketika proses pembuatan sudah selesai, stiker yang sudah jadi akan tersedia di menu stiker pada aplikasi iMessage. Item tersebut bisa dipakai atau dibagikan pengguna ke pengguna lainnya sebagai pesan tunggal, atau sebagai aksesori dari pesan teks maupun foto yang dikirim.

Selain fitur membuat stiker dengan foto sendiri, iOS 17 juga memiliki deretan fitur menarik lainnya yang sudah diulas sebelumnya di artikel "10 Fitur iOS 17 yang Bakal Hadir di iPhone, Ada Poster Kontak dan Mode StandBy".

Jadwal rilis iOS 17

Seperti disinggung di atas, fitur pembuatan stiker dari foto ini tersedia di iOS 17. Sistem operasi ini baru tersedia untuk para pengembang aplikasi yang terdaftar di Apple Developer Program (khusus untuk pengembang) di situs developer.apple.com.

Rencananya, iOS 17 versi Public Beta (uji coba untuk umum di luar pengembang) bakal tersedia pada Juli mendatang, melalui situs beta.apple.com.

Adapun iOS 17 versi final (semua pengguna iPhone yang mendukung) kemungkinan bakal dirilis sekitar September, Oktober, atau November 2023 mendatang.

Soal dukungan perangkat, iOS 17 akan mendukung iPhone SE (2020), iPhone XS/XS Max, iPhone XR, dan versi iPhone terbaru setelah model-model tersebut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Apple.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber MacRumors
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com