Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Messi Gabung Inter Miami, Apple Bakal Menang Banyak

Kompas.com - 08/06/2023, 09:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Pemain sepak bola kondang asal Argentina, Lionel Messi pekan ini resmi memilih bergabung dengan salah satu klub yang berada di liga Major League Soccer (MLS) di Amerika Serikat (AS), yaitu klub sepak bola (FC) Inter Miami

Masuknya Messi ke Inter Miami digadang-gadang akan mengundang banyak cuan bagi Apple. Bisa dibilang, Apple "menang banyak" berkat Messi yang bermain di liga MLS.

Sebab, perusahaan asal Cupertino, California, AS tersebut saat ini memiliki hak siar eksklusif untuk beragam pertandingan sepak bola liga MLS hingga 2032 mendatang. 

Baca juga: Messi Bagi-bagi iPhone Berlapis Emas untuk Skuad Argentina

Ini artinya, penggemar sepak bola yang ingin menonton Messi bermain untuk Inter Miami di MLS harus membayar biaya berlangganan layanan streaming Apple TV Plus khusus untuk konten MLS, yaitu MLS Season Pass.

Berdasarkan informasi resmi, pengguna bisa berlangganan MLS Season Pass dengan harga 15 dollar AS (sekitar Rp 223.000) per bulan atau 50 dollar AS (sekitar Rp 744.000) per musim. 

Selain mengundang banyak pelanggan baru, masuknya Messi ke Inter Miami juga konon akan menghasilkan beragam kontrak anyar yang berkaitan dengan konten yang tayang eksklusif di layanan streaming Apple TV Plus. 

Ilustrasi peluncuran Apple TV+ oleh Tim Cook, CEO Apple9To5Mac Ilustrasi peluncuran Apple TV+ oleh Tim Cook, CEO Apple

Salah satu konten yang bakal tayang di masa depan, yang sudah diumumkan Apple pekan ini, adalah sebuah serial dokumenter empat episode yang menceritakan perjalanan Messi meraih juara Piala Dunia Qatar 2022. 

Baca juga: Apple TV 4K Meluncur, Diklaim Lebih Cepat dan Hemat Daya

Di samping itu, Messi juga kabarnya akan mendapatkan kontrak kerja sama terpisah dengan Apple terkait hadirnya dia di liga MLS di Apple TV Plus, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Kamis (8/6/2023). 

Tak menutup kemungkinan Messi juga muncul di salah satu serial TV tentang pelatih sepak bola yang cukup populer di Apple TV Plus, yaitu Ted Lasso.

Pasalnya, mantan manajer Messi yang juga merupakan mantan pemain sepak bola, Pep Guardiola sempat muncul di salah satu episode di serial TV tersebut.

Meski demikian, hal ini belum pasti lantaran Apple belum mengumumkan konten lainnya yang berkaitan dengan Inter Miami dan Messi, selain serial TV dokumenter tadi.

Namun yang jelas, Apple TV Plus kemungkinan akan terus menjadi "mesin uang" bagi Apple, setidaknya hingga Messi pensiun dari klub sepak bola Inter Miami atau lepas dari liga MLS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com