Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hands-on Lenovo LOQ, Laptop Gaming untuk "Gamers" Pemula

Kompas.com - 08/06/2023, 19:16 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lenovo meluncurkan laptop gaming terbarunya, Lenovo LOQ, di Indonesia pada Rabu (7/6/2023). Laptop gaming ini dirilis lewat acara Lenovo Innovate 2023 di Thamrin Nine Ballroom, Jakarta Pusat.

Lenovo LOQ merupakan sub-brand yang menargetkan gamers pemula (entry-level). Harapannya, pengguna bakal membeli Lenovo LOQ sebelum nantinya melakukan upgrade ke "saudaranya", Lenovo Legion.

Saat acara peluncurannya, KompasTekno pun berkesempatan untuk menjajal laptop Lenovo LOQ. Berikut ulasan singkat untuk Lenovo LOQ.

Hands-on Lenovo LOQ

Lenovo LOQ menghadirkan desain yang sekilas terlihat mirip dengan Lenovo Legion. Sebab, "adik" lini Legion ini juga mengusung desain berwarna abu-abu kehitaman.

Ada pula deretan port di bagian belakang laptop dan tulisan merek di punggung layar. Bedanya, Lenovo LOQ memuat tulisan "LOQ", sedangkan "kakaknya" memiliki tulisan "Legion".

Impresi pertama kami, laptop ini memiliki desain yang cukup ringkas. Lenovo LOQ mempunyai dimensi 359 x 264 x 22,1-25,2 mm dengan bobot 2,4 kilogram.'

Baca juga: Lenovo Yoga Book 9i Resmi di Indonesia, Laptop dengan Dua Layar Penuh

Lenovo memperkenalkan laptop gaming LOQ di Jakarta, Rabu (7/6/2023)KOMPAS.COM/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Lenovo memperkenalkan laptop gaming LOQ di Jakarta, Rabu (7/6/2023)
Saat laptop dibuka, pengguna disambut layar WQHD seluas 15,6 inci. Panel ini mendukung resolusi 2.560 piksel x 1.440 piksel, IPS 100 persen sRGB, dan refresh rate hingga 165 Hz.

Ada juga dukungan pelindung Anti-Glare, tingkat kecerahan 350 nits, dan teknologi Nvidia G-SYNC.

Kami menyukai kecerahan dan kejernihan layar ini terutama saat menonton video atau bermain game.

Layar laptop Lenovo LOQ saat menonton videoKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Layar laptop Lenovo LOQ saat menonton video
Pada bagian atas layar, terdapat webcam beresolusi Full HD (1080p). Bezel layar laptop berukuran standar, kecuali bagian bawah yang cukup tebal.

Layar ini kemudian dihubungkan dengan bagian bodi dengan dua engsel (hinge). Engsel tersebut diposisikan di bagian kiri dan kanan laptop Lenovo LOQ.

Bagian bodi ini memuat tombol power dalam modul bundar yang diletakkan di atas keyboard.

Punya keyboard full size

Lenovo LOQ memiliki keyboard laptop full sizeKOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Lenovo LOQ memiliki keyboard laptop full size
Bicara soal keyboard, Lenovo LOQ dibekali oleh keyboard full size yang mencakup tombol Numpad di bagian kanannya. Semua tombol berwarna abu-abu dengan teks berwarna putih.

Key travel antara setiap tombol tidak sempit sehingga nyaman digunakan ketika mengetik.

Keyboard ini bisa mengeluarkan cahaya warna-warni RGB empat zona. Dengan kata lain, pengguna hanya dapat mengubah warna untuk bagian keyboard tertentu, misalnya bagian WASD.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com