Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Game Mode yang Ada di MacOS Sonoma?

Kompas.com - 09/06/2023, 15:30 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber YouTube

KOMPAS.com - Apple resmi meluncurkan sistem operasi baru untuk komputer desktop-nya yang bernama MacOS Sonoma. Sistem operasi ini diperkenalkan dalam ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) 2023 yang digelar pada Selasa (6/6/2023) dini hari waktu Indonesia.

Salah satu fitur terbaru yang tersedia di MacOS Sonoma adalah Game Mode, apa itu?

Sesuai dengan namanya, Game Mode akan mengoptimalkan kinerja hardware komputer dengan mengalokasikan sumber daya CPU dan GPU secara maksimum untuk game yang dimainkan.

Saat mode ini diaktifkan, aplikasi yang berjalan di latar belakang (background) akan lebih sedikit mendapatkan alokasi sumber daya.

Baca juga: Daftar Mac yang Kebagian Update MacOS Sonoma

Dengan demikian jika mode ini diaktifkan, pengguna akan bisa memainkan game lebih mulus dengan angka Frame per Second (FPS) yang konsisten. FPS sendiri adalah satuan angka yang menunjukkan jumlah gerakan gambar atau bingkai dalam satu detik.

Semakin tinggi angka FPS, maka gambar atau gerakan objek yang ditampilkan di monitor akan semakin smooth.

Tak hanya meningkatkan performa game, mode baru ini juga bakal menghadirkan pengalaman bermain yang lebih imersif untuk penggunanya.

Ketika Game Mode diaktifkan, sistem akan menurunkan tingkat atau angka latensi audio untuk earphone AirPods secara signifikan.

Dengan angka latensi yang lebih rendah, pengguna akan mendengar suara game dengan lebih instan tanpa delay atau jeda.

Umumnya, latensi seperti ini sangat dibutuhkan untuk game kompetitif seperti "Valorant", karena pengguna mesti mendengar audio gerak-gerik dan langkah kaki musuh. JIka suara yang dihantarkan ke AirPods terlambat atau delay, pemain akan kesulitan dalam permainan.

Selain AirPods, Game Mode di MacOS Sonoma juga akan mengurangi latensi controller PlayStation dan Xbox. Dengan demikian, kedua controller ini akan memiliki respons yang lebih cepat.

Pengguna bisa mengaktifkan Game Mode untuk semua game yang kompatibel dengan sistem operasi MacOS Sonoma.

Baca juga: 11 Fitur MacOS Sonoma, Ada Game Mode dan Impor Widget iPhone ke Mac

Game terbaru yang mendukung mode tersebut mencakup "Death Stranding Director's Cut", "Stray", "Fort Solis", "World of Warcraft: Dragonflight", dan "HUMANKIND".

Ada juga "Resident Evil Village: Winters' Expansion", "The Medium", "ELEX II", "Firmament", "SnowRunner", "Disney Dreamlight Valley", "No Man's Sky", "Dragonheir: Silent Gods", serta "Layers of Fear".

Daftar game baru MacOS yang bisa menggunakan fitur Game ModeApple Daftar game baru MacOS yang bisa menggunakan fitur Game Mode
Masih seputar game, Apple pun memperkenalkan fitur Game Porting Toolkit untuk API (Application Programming Interface) Metal 3 yang mempermudah developer untuk mem-porting game buatannya dari platform lain ke MacOS.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com