Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
INDONESIA TERHUBUNG

INDONESIA TERHUBUNG

Jaringan Internet Cepat Jadi Kunci Kreator Konten Raih Cuan

Kompas.com - 10/06/2023, 13:39 WIB
Anissa DW,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Salah satu cara menguntungkan untuk menghasilkan uang secara online adalah dengan menjadi kreator konten atau content creator.

Ria Yunita atau yang lebih dikenal dengan nama Ria Ricis merupakan salah satu kreator konten sekaligus influencer di media sosial (medsos) yang berhasil meraup pundi-pundi rupiah dari profesi tersebut.

Berdasarkan data socialblade.com, Ria Ricis adalah kreator konten dengan jumlah pengikut (follower) terbanyak di Indonesia. Ia berhasil meraup miliaran rupiah per bulan berkat jumlah follower yang tinggi di tiga platform medsos miliknya, yaitu YouTube, Instagram, dan TikTok.

Di platform YouTube, misalnya, channel Ricis Official memiliki 30,9 juta subscriber. Penghasilan yang didapat Ria Ricis dari akun ini ditaksir mencapai Rp 5-8 miliar per bulan.

Kemudian, dari sekitar 32,7 juta pengikut di TikTok yang dimiliki, Ria Ricis mampu menghasilkan Rp 50-100 juta per bulan. Sementara di Instagram, Ria Ricis memiliki lebih 33 juta followers dengan penghasilan sekitar Rp 100-180 juta per bulan.

Selain membuat konten organik untuk medsosnya sendiri, para konten kreator biasanya juga mendapatkan penghasilan tambahan dari berbagai sumber. Apa saja? Berikut adalah ulasannya.

1. Iklan

Platform jejaring sosial, seperti YouTube dan Instagram, menawarkan program iklan yang memungkinkan kreator mendapatkan pendapatan berdasarkan jumlah tampilan iklan atau interaksi pengguna dengan iklan yang muncul di kontennya.

2. Donasi

Saat ini, beberapa platform memungkinkan pengguna memberikan donasi langsung kepada kreator untuk mendukung produksi konten mereka. Hal ini umumnya dilakukan melalui platform perbankan dan urun dana, seperti Patreon atau Paypal.

3. Sponsorship

Sponsorship biasanya melibatkan pembuatan konten yang diarahkan untuk mempromosikan produk atau jasa perusahaan tertentu.

4. Penjualan produk

Kreator konten juga dapat menjual produk atau merchandise, seperti karya seni, buku, dan barang, yang berkaitan dengan konten yang dibuat.

5. Membership

Beberapa kreator konten juga menawarkan konten eksklusif hanya untuk anggota yang membayar biaya berlangganan.

6. Jasa konsultasi atau pelatihan

Kreator konten yang ahli dalam bidang tertentu juga dapat menawarkan jasa konsultasi atau pelatihan. Misalnya, kreator konten yang memiliki latar belakang di bidang keuangan bisa memberikan jasa konsultasi seputar mengatur finansial.

Itulah enam sumber penghasilan tambahan yang bisa didapat kreator konten. Sebagai catatan, penghasilan yang didapat setiap konten kreator bisa berbeda-beda. Hal ini tergantung pada usaha, kemampuan, keberuntungan individu, dan koneksi internet yang cepat.

Dukungan koneksi internet cepat

Sebagai pembuat konten yang ditampilkan di media digital, pekerjaan kreator konten bergantung pada kecepatan internet yang stabil dan cepat agar dapat membuat konten yang berkualitas serta menarik.

Koneksi internet cepat dapat membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi pekerjaan. Sebab, kreator konten dapat mengunggah video dan gambar dengan lebih cepat, menjaga konsistensi posting konten dan fokus penonton, serta dapat mendatangkan lebih banyak peluang bisnis.

Dengan demikian, para kreator konten bisa lebih fokus pada kualitas konten yang dibuat, termasuk menyusun strategi konten yang tepat untuk menghasilkan lebih banyak cuan.

Adapun salah satu provider internet yang menawarkan koneksi cepat adalah IndiHome dari Telkom Indonesia. IndiHome menawarkan berbagai paket internet dengan beragam kecepatan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, mulai dari 30 Mbps hingga lebih dari 100 Mbps.

Dengan begitu, para kreator konten dapat mengunggah video mereka dengan cepat dan mudah. Konten mereka pun bisa menjangkau audiens yang lebih luas di seluruh Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com