Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AMD akan PHK 10 Persen Karyawannya

Kompas.com - 08/04/2008, 09:45 WIB
 JAKARTA, SELASA - AMD (Advanced Micro Devices) kemarin merilis berita tak sedap. Perusahaan semikonduktor dunia tersebut akan mem-PHK 10 persen tenaga kerjanya, atau sekitar 1680 karyawan. AMD juga akan memangkas prediksi penjualan kuartal pertamanya, dengan mengkambinghitamkan "penjualan yang di bawah harapan di seluruh lini bisnisnya."

AMD telah merevisi perkiraan pendapatannya untuk kuartal pertama (berakhir 29 Maret 2008) menjadi 1,5 miliar dollar AS. Ini sekitar 120 juta dollar AS lebih rendah dari perkiraan Wall Street dan turun 15 persen dari angka kuartal empat. Namun dibandingkan perioda yang sama tahun lalu, tetap ada pertumbuhan 22 persen.

Saat ini AMD memang kalah bersaing dengan Intel, yang menguasai 80 persen pangsa pasar dalam unit. Menurut David Wu dari Global Crown Capital seperti dikutip CNN, secara dollar, pangsa pasar AMD bahkan tidak mencapai 20 persen. "Sejak awal 2007, harga saham AMD  turun lebih dari 6 persen, sementara saingannya, Intel, meningkat 6,9 persen," kata Wu.

Padahal dua tahun lalu AMD berhasil memukul Intel. "Sekarang kondisinya terbalik," kata Wu. Kini AMD kembali harus bekerja keras untuk mengejar Intel.(infokomputer/wiek)

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com