Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layar Ganda untuk Laptop 100 Dollar

Kompas.com - 22/05/2008, 09:43 WIB
 

 
JAKARTA, KAMIS - Inilah kabar terbaru tentang laptop proyek OLPC (one laptop per child) yang warnanya hijau menyala dan punya antena putih itu. Akan muncul versi 2.0 dengan ukuran yang lebih kecil sehingga makin mudah dibawa oleh anak-anak. Versi ini dijadwalkan muncul pada tahun 2010.

Yang menarik, keypad pada notebook murah untuk anak-anak tersebut akan diganti dengan layar sentuh ganda (dual touch display). Versi baru itu juga akan lebih hemat energi karena hanya mengonsumsi daya 1 watt, plus dibandrol dengan harga kian murah, yakni US$ 75 - jumlah yang diklaim OLPC bisa terwujud kendati model terbarunya, XO, dihargai nyaris dua kali dari julukannya sebagai 'laptop US$ 100".

Dengan dual display berengselnya, versi baru ini bisa digunakan sebagai sebuah buku, sebagai laptop dengan keypad layar-sentuh, atau sebagai sebuah displai yang lebih luas ketika laptop dibuka berposisi sampai mendatar.  "Displainya akan menjadi semakin baik dan terus membaik, dan inilah kunci untuk generasi berikutnya," kata pendiri OLPC Nicholas Negroponte pada acara peluncuran di  MIT Media Lab.

Desain ulang dari OLPC adalah upaya terakhir untuk mendorong adopsi global akan mesin tersebut. Pekan lalu, OLPC mengumumkan bahwa versi berikutnya memiliki opsi untuk menjalankan  Microsoft Windows (sebelumnya OLPC hanya jalan di atas sistem operasi  GNU/Linux, plus sebuah antarmuka kustom yang disebut
Sugar yang menekankan  kolaborasi di antara anak-anak.

Dengan adanya Windows, OLPC berharap bisa meningkatkan penjualan ke negara-negara seperti Mesir yang sekolah-sekolahnya sudah menggunakan software Windows.
 
Sambil menunggu laptop versi baru ini muncul, XO yang mengonsumsi daya 2 - 4 watt tetap akan dijual. Namun sampai saat ini baru 600 ribu pesanan yang diterima OLPC, sangat jauh dari angka 100 juta yang diprediksi  Negroponte dua tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com