Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Percepatan GPU dan Physics untuk Photoshop CS4

Kompas.com - 27/05/2008, 13:07 WIB
 

 

JAKARTA, SELASA – Percepatan (akselerasi) GPU (graphics processor unit) sedang menjadi isu hangat dalam dunia hardware saat ini. Salah satu software grafis yang akan memanfaatkannya adalah Photoshop versi terbaru, CS4, yang juga dijuluki CS Next.

Dengan ditanamkannya dukungan akselerasi GPU dan physics melalui dukungan prosesor multi-core pada aplikasi yang bernama kode Stonehenge inu, akan berkuranglah waktu tunggu yang membosankan itu ketika kita membuka sebuah file berukuran besar, atau ketika kita memberikan sebuah filter.

Pada demo yang dilaporkan TGDaily, perubahan yang dilakukan terhadap image zoom dan via new rotate canvas tool pada sebuah image 2GB 442 megapixel nyaris diaplikasikan seketika itu juga, seakan-akan itu hanyalah sebuah image 5 megapixel pada sistem 8-core Skulltrail. Fitur lain yang bagus adalah impor model 3D ke dalam Photoshop, penambahan teks dan cat pada permukaan 3D dan melihat permukaan tersebut langsung di-render dengan reflection map model 3D tersebut.

Saat itu juga diperlihatkan  Photoshop 3D accelerated panorama, yang biasanya sangat memakan waktu, yang ketika itu berlangsung cepat. Menurut Adobe, penghematan waktu ini bukan cuma ditujukan pada desainer grafis kelas berat, tetapi juga bagi para calon fotografer biasa.

Semua fitur baru tersebut adalah bagian dari Photoshop generasi mendatang, yang akan menjadi bagian dari suite CS Next. Diperkirakan paket ini akan meluncur pada bulan Oktober mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com