Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merangkul "Hacker Putih"

Kompas.com - 13/06/2008, 20:04 WIB

Oleh Amir Sodikin

Pemilik rumah: Rumah saya dibobol maling, tolong pihak berwajib menindak pelakunya. Enggak ada yang dicolong, cuma saya malu karena tembok dicorat-coret.

Tertuduh: Saya enggak maling kok, cuma masuk halamannya saja. Saya corat-coret cuma untuk memperingatkan kalau pagar tidak dikunci.

Istilah hacker (yang baik) di Indonesia masih dirancukan dengan istilah cracker (yang jahat). Tak hanya itu, semua kegiatan yang bernuansa hacking juga dianggap haram oleh pemerintah. Padahal, "hacker putih" atau white hat hacker seharusnya dirangkul.

Tanpa disadari, potensi hacker Indonesia ternyata luar biasa. InfoKomputer, Kamis (12/6), menggelar event nasional bertajuk "Biggest Hacker's Day Event in Indonesia". Acara yang digelar bersamaan dengan Festival Komputer Indonesia 2008 di Jakarta Convention Center (JCC) ini ternyata banyak diminati. Ini membuktikan, keamanan web sudah menjadi bagian penting dunia kita.

Hacker sebenarnya untuk menyebut orang yang paham soal komputer, mulai software, hardware, arsitektur, hingga administrasinya. Tetapi, orang mengonotasikan hacker sebagai orang jahat yang membobol keamanan. Padahal, hacker hanya memperbaiki, mencari lubang keamanan, dan memberikan peringatan.

Tidak merusak

White hat hacker memiliki etika tidak merusak dan tidak mencuri data sensitif. Dari sisi positif, hacker ketika menemukan lubang keamanan hanya memberikan peringatan kepada pemilik web untuk meningkatkan keamanan. Jika sampai merusak, maka sebutan dia adalah cracker. Memang akhirnya muncul black hat hacker yang sering membobol sistem keamanan untuk kepentingan pribadi dan juga grey hat hacker yang menyuplai (menjual) informasi keamanan kepada vendor dan juga cracker.

"Tahun depan ada pemilu, kita harus membahas masalah keamanan web ini dari sisi positif. Hacker bisa menjadi mitra yang baik," kata BM Adam, Pemimpin Redaksi InfoKomputer.

Pengamat masalah keamanan web, Anselmus Ricky, atau di dunia maya dikenal dengan nick Th0R, mengatakan, Indonesia punya banyak potensi orang hebat. Namun, masalah keamanan website masih menjadi kendala.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com