Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyektor Home Theater tanpa Lampu

Kompas.com - 23/06/2008, 11:52 WIB

JAKARTA, SENIN - Enak ya bila bisa nonton film atau tayangan sepakbola Piala Eropa berlayar lebar di rumah. Caranya gampang kok. Tinggal koneksikan proyektor home-theater ke TV, lalu hubungkan ke sistem tatasuara yang ada.

Namun siapa pun yang pernah membeli proyektor pasti tahu bahwa komponen termahal pada sebuah proyektor adalah lampu. Lampu ini harus diperlakukan ekstra hati-hati. Maksudnya, tidak boleh seenaknya mencabut daya proyektor tanpa melakukan proses cooling yang seringkali lama . Juga tidak disarankan untuk meletakkan proyektor di tempat yang banyak debu. Jika lampu rusak, siap-siap saja menguras kocek untuk membeli lampu baru, atau mungkin mempertimbangkan pembelian sebuah proyektor baru.

Nah bagi mereka yang malas merawat proyektor, ada kabar gembira dari Texas Instruments (TI). Perusahaan ini telah meniadakan lampu pada proyektor home theater yang diperkenalkannya di ajang InfoComm 2008.

Sebagai sumber cahaya, proyektor itu menggunakan PhlatLight LED dan chipset BrilliantColor. Selain meniadakan biaya pemeliharaan – untuk mengganti lampu dan filter -, proyektor bebas lampu pertama dengan teknologi DLP (digital light processing) ini disebutkan mampu mengantarkan gambar dengan kualitas 1080p.

Kecepatan switching chip DLP dan LED dari Luminus menyebabkan kualitas gambar dan juga kehandalan di proyektor baru itu meningkat. Sifat memantul dari cermin-cermin yang ada pada chip DLP memungkinkan lebih banyak cahaya mencapai layar, sehingga kisaran gamut warna meningkat 50%. Akibatnya, begitu klaim TI, bisa dihasilkan lebih dari 200 triliun warna dan rasio kontras di atas 500.000:1 – mengalahkan lampu proyektor model lama.

Selain peningkatan kisaran warna dan kinerja kontras, sistem iluminasi ini lebih awet dan hemat daya. Pemakaian dayanya diperkirakan sampai 30% lebih rendah. Namun penghematan terbesar datang dari tiadanya lampu yang harus dibeli. Apalagi berkat optik DLP yang tertutup, proyektor DLP ini tahan beroperasi di lingkungan berdebu dan tidak membutuhkan filter untuk melindungi optiknya.

Selain TI, beberapa perusahaan lain juga bermaksud mengembangkan proyektor DLP berbasis LED (light emitting diode) yang bebas lampu. Di antaranya adalah Optoma, yang dikabarkan siap meluncurkan produknya tahun ini juga. Inovasi tanpa lampu ini awalnya akan ditampilkan Optoma dalam jajaran proyektor home theater, sebelum diterapkan juga pada jajaran produk untuk pasar korporat dan pendidikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com