Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situs Vendor Antivirus Kaspersky Di-hack!

Kompas.com - 22/07/2008, 10:45 WIB

JAKARTA, SELASA – Benar-benar memalukan! Salah satu situs vendor sekuriti terbaik, Kaspersky, yang berlokasi di Malaysia (kaspersky.com.my) telah dijebol cracker asal Turki. Di situs tersebut, si cracker meninggalkan pesan “hacked by m0sted And Amen Kaspersky Shop Hax0red No War Turkish Hacker Thanx to Terrorist Crew all team members“.

Cracker yang sama juga meng-hack toko online resmi Kaspersky S.E.S. dan beberapa subdomain lain. Si pelaku menyebutkan patriosme sebagai alasan di balik serangan yang menggunakan teknik SQL Injection tersebut.

Kejadian ini, kendati tampaknya sepele, bisa mengancam para end-user. Sebab dari situs tersebut, salinan evaluasi Kaspersky Antivirus disebarkan kepada umum. Secara teori, si penyerang bisa saja meng-upload versi ber-trojan dari antivirus Kaspersky sehingga pengguna yang men-download dari repositori file Kaspersky yang dipercaya itu justru terinfeksi virus.

Jadi pertanyaannya, apakah sekuriti para pengguna Kaspersky  terancam? Untunglah tidak. Sebab serangan kali ini hanyalah peringatan. Namun jika tidak ditanggapi dengan serius, dampaknya akan fatal dan juga ironis – bayangkan situs vendor sekuriti justru menginfeksi pengunjungnya dengan malware.

Saat kami kunjungi tadi pagi, jam 10.37 WIB, situs Kaspersky.com.my itu masih offline. Pengguna yang ingin masuk dimintai password.

Kasus ini bukan yang pertama kali terjadi pada Kaspersky. Menurut Zone-h, sejak tahun 2000 tercatat ada 36 situs internasional Kaspersky yang pernah dijebol (defacement). Bahkan situs Perancis Kaspersky setiap tahun di-hack.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com