Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuil Tantang Google

Kompas.com - 28/07/2008, 14:00 WIB

SAN FRANSISCO, SENIN - Dalam waktu dekat, mesin pencari Google akan mendapat pesaing baru yang diklaim memberikan hasil pencarian lebih baik. Mesin pencari tersebut bernama Cuil, ucapkan seperti Anda membaca kata cool (dingin).

Cuil dikembangkan Anna Patterson, mantan insinyur Google yang keluar tahun 2006. Anna adalah pengembang teknologi pencarian yang dibeli Google tahun 2004 untuk meningkatkan kualitas pencariannya. Ia sangat yakin teknologi terbaru yang dipakainya dalam Cuil lebih baik dari yang pernah dikembangkannya untuk Google.

Kali ini, ia tidak akan menjualnya kepada Google dan akan menjadi sumber uangnya sendiri. Cuil akan dikelola bersama suaminya, Tom Costello, dan dua mantan insinyur Google lainnya, Russell Power dan Louis Monier. Perusahaan start up yang mereka dirikan akan didukung suntikan modal 33 juta dollar AS.

Untuk tahap pertama Cuil telah mendaftar 120 miliar halaman web. Mereka mengklaim angka tersebut tiga kali lipat daripada indeks halaman yang dimiliki Google meski belum dapat dipastikan. Selain itu, teknologi yang dipakai Cuil membutuhkan komputer lebih sedikit untuk memproses data yang sama dengan Google.

Klaim tersebut kelihatannya membuat panas Google sehingga dalam blog resminya mereka menyatakan bahwa mesinnya telah mendeteksi alamat URL sebanyak satu triliun. Namun, bukan berarti semuanya dicatat Google karena banyak alamat yang mengarah ke satu sumber. Selama ini Google memang tertutup mengenai jumlah indeks halaman yang mereka daftar sejak menembus 8,2 miliar alamat URL sekitar 3 tahun lalu.

Hasil pencarian Cuil akan ditampilkan lebih menarik dengan format seperti majalah, berikut foto dan link yang berkaitan, dan tidak hanya baris teks seperti Google. Metode pemeringkatan data hasil pencarian juag berbeda dengan Google karena Cuil akan memilih berdasarkan konten yang paling aktual. Selain itu, Cuil menjanjikan keamanan privasi dengan tidak menyimpan data-data penggunanya.

Meski banyak hal yang dijanjikan, sepertinya Cuil harus membuktikan apakah lebih menarik pengunjung atau tidak daripada Google. Kita tunggu saja! Coba cuil di www.cuil.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com