Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kingston SDHC Class 4, Cepat Menulis

Kompas.com - 26/08/2008, 15:11 WIB

Kartu SDHC (Secure Digital High Capacity), alias kartu SD dengan kapasitas minimal 4GB makin marak. Ini tidak mengherankan mengingat kartu ini memang serbaguna, bisa digunakan di kamera digital maupun sebagai penambah memori pada netbook yang sedang naik daun belakangan ini.

Kali ini kami menguji SDHC Class 4 berkapasitas terbesar besutan Kingston. Ingat, kami sebutkan terbesar besutan Kingston, bukan merek lain. Sebab memang inilah kapasitas terbesar yang saat ini dirilis Kingston. Sekadar informasi, merek lain sudah memasarkan SDHC dengan kapasitas yang lebih tinggi.

Tidak ada tampilan yang istimewa pada kartu berwarna biru tersebut. Seperti biasa, takik proteksi tulis yang berwarna kuning tersedia di sisi kiri. Untuk menguji kinerjanya, kartu kami benchmark dengan bantuan card reader Transcend TS-RDM1 dan software HD Tach 3.0.1.0. Hasilnya sebagai berikut: kecepatan baca 18,2MB/s, kecepatan tulis 12,1MB/s, akses random 1,1ms dan utilisasi CPU 12%. Namun uji manual (lihat tabel) mengejutkan: kecepatan tulisnya mengungguli kecepatan baca – sesuatu yang jarang terjadi.

***


Kartu SDHC Class 4 Kingston yang berkapasitas kosong 15,1GB ini layak dipilih jika Anda menginginkan kecepatan tulis pada gadget Anda, entah itu kamera digital maupun netbook. Tentu agar kinerjanya baik, Anda harus menggunakan gadget yang sesuai dengan spesifikasinya.

Sumber: InfoKomputer


SKOR PENILAIAN
(maksimal 5)
Kinerja : 4,5
Fasilitas : 4
Harga : 4
SKOR TOTAL : 4,2


PLUS: Kecepatan tulis baik; garansi seumur hidup.

MINUS: Kotak plastik agak sulit dibuka.

Hasil Uji Kecepatan Card-to-Computer*
Tindakan
Copy dari harddisk (write): 7,69MB/s
Copy ke harddisk (read): 6,39MB/s
Hapus file (delete): 432,21MB/s
*) File yang diproses adalah 161 file TIF dalam tiga folder dengan ukuran total 1,79GB. Pengujian dilakukan tiga kali pada koneksi USB 2.0 pada notebook NEC Versa E680 (Pentium M 1,5GHz, RAM 256MB, Win XP Pro) dengan bantuan card reader Transcend TS-RDM1, dan hasilnya dirata-ratakan.

SPESIFIKASI Kingston SDHC Class 4 (SD4/16GBFE)
Tipe memori simpan: Flash
Voltase: 2,7 ~ 3,6 V
Kapasitas: 16GB
Ketahanan: Tidak disebutkan
Kompatibilitas: SD Specification v.2.0, SDHC
Dimensi (plt): 2,4x3,2x0,21 cm
Bobot: 2 gram
Kelengkapan: - Kotak plastik
Garansi: 1 tahun
Situs Web: www.kingston.com/asia
Harga kisaran*: US$ 80
* Kingston Taiwan (886) 3-500-1715.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com