Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayar Zakat Bisa Lewat ATM, Internet, dan Ponsel

Kompas.com - 29/08/2008, 00:03 WIB

JAKARTA, KAMIS - Pembayaran zakat, infaq dan shadaqah (ZIS) kini dapat dilakukan lebih mudah melalui layanan online, melalui ATM, internet banking, dan mobile banking. Layanan tersebut telah dirintis bersama PT Bank Mandiri, PT Ambhara Media Artha (Ambhara), dan PT Aplikanusa Lintasarta (Lintasarta).

 

Dalam kerjasama ini Bank Mandiri menyediakan channel pembayaran elektronik bagi masyarakat dan nasabah yang akan menyalurkan ZIS. Ambhara berperan dalam pengembangan dan pengintegrasian sistem ZIS Bersama. Sementara Lintasarta berperan dalam hal penyediaan infrastruktur jaringan telekomunikasi dari Badan/Lembaga Amil Zakat ke Ambhara serta dari Ambhara ke bank.

Direktur Ambhara, Aswandi Parman, dalam rilis pers Kamis (28/8) menyatakan saat ini baru tergabung empat Badan/Lembaga Amil Zakat dalam ZIS Bersama secara online. Yaitu Dompet Dhuafa Republika, Pos Keadilan Peduli Ummat (PKPU), Baitul Maal Hidayatullah dan Al-Azhar Peduli Umat.

"Kami akan terus membuka kesempatan bagi Badan/Lembaga Amil Zakat yang ingin bergabung dengan ZIS Bersama. Mereka cukup menyampaikan surat pernyataan yang dilengkapi dengan copy SK Menteri Agama tentang statusnya sebagai Badan/Lembaga Amil Zakat," jelasnya.

Layanan ini, kata VP Mass & Electronic Banking Bank Mandiri, Etty Nurwati, membuat seluruh nasabah Bank Mandiri maupun umat Muslim pada umumnya akan lebih dimudahkan dalam pembayaran ZIS. Sebab, mereka tidak perlu antri panjang di loket pembayaran ataupun mencari tempat-tempat penerimaan zakat dan diharapkan dapat membantu kelancaran administrasi pembayaran tersebut.

"Bank Mandiri juga membantu dengan memberikan sistem penerimaan yang akurat, transparan dan aman, karena dana pembayaran ZIS dapat dipindahkan secara langsung (realtime online) ke rekening Badan/ Lembaga Amil Zakat. Dengan hanya satu nomor rekening di Bank Mandiri, Badan/ Lembaga Amil Zakat dapat menerima pembayaran seluruh jenis ZIS dari pembayar ZIS di Bank Mandiri yang tergabung dalam ZIS Bersama," kata Etty Nurwati.

Tidak hanya itu, bagi Badan/Lembaga Amil Zakat juga disediakan fasilitas untuk mengakses laporan lengkap dan monitoring data ZIS hasil rekaman pembayar ZIS, sehingga tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran ke pembayar ZIS. Melalui fasilitas monitoring tersebut, Badan/Lembaga Amil Zakat akan terbantu dalam hal pemerataan dan keakuratan penyaluran serta dapat berperan sebagai pengingat untuk data ZIS yang belum dibayar. Fasilitas akses tersebut didukung infrastruktur jaringan telekomunikasi melalui jaringan internet dari Lintasarta dengan layanan 24 jam/hari dan 7 hari/minggu,

"Dengan adanya penyediaan infrastruktur jaringan telekomunikasi dari Lintasarta diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk membayar ZIS dengan sistem penerimaan yang efektif dan efisien", ujar Bambang Priantono, Direktur Operasi Lintasarta.

Sistem ini juga menyediakan fasilitas Bukti Setor Zakat (BSZ) yang dapat dimanfaatkan pembayar ZIS sebagai bukti pendukung fasilitas pengurangan pajak yang bersangkutan. Fasilitas rincian BSZ ini dapat dicetak melalui website di www.zisbersama.org atau melalui Badan/ Lembaga Amil Zakat yang bersangkutan.

Jika pada tahun 2007 jumlah penerimaan ZIS seluruh Badan/Lembaga Amil Zakit mencapai senilai Rp1,2 triliun (dari perkiraan potensi jumlah penerimaan hasil kajian sebesar Rp8 triliun), diharapkan dengan layanan ini akan dapat meningkatkan jumlah pembayar ZIS. Penerimaan serta penyalurannya diharapkan juga lebih terkoordinasi, sehingga pendayagunaan hasil penerimaan ZIS dapat menjadi lebih terasa bagi masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com