Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Standar Baru untuk Kartu Memori Ponsel

Kompas.com - 12/09/2008, 12:09 WIB

JAKARTA, JUMAT – November mendatang akan hadir satu lagi standar kartu memori. Namanya Embedded SD.

Menurut asosiasi SD Card (SDA), Embedded SD dimaksudkan untuk mempermudah desain platform pada ponsel dan perangkat elektronik konsumer. Standar baru ini memanfaatkan banyak dari standar SD (Secure Digital) yang sudah teruji dan terpakai saat ini.

Pada standar tercakup antara lain dukungan untuk pasokan daya 3,3V dan 1,8V, mekanisme partisi yang fleksibel agar beberapa partisi dapat menyimpan beragam tipe data, berbagai proteksi data dan power-saving, dan opsi untuk booting dari embedded SD. Artinya, SDHC yang sudah ada tetap kompatibel dengan Embedded SD.

“Fisik miniSD dan microSD saat ini banyak dipakai sebagai kartu penyimpan di ponsel, dan saat ini mendominasi pasar, dan diharapkan akan merupakan 90% dari semua slot kartu yang ada di ponsel pada tahun 2010, “ begitu analisis Nam Hyung Kim dari iSuppli Corp. “Standar Embedded SD dibangun dari standar SD yang sudah ada dan ditujukan pada kebutuhan penyimpan ponsel seperti kebutuhan akan konsumsi daya yang rendah, fungsionalitas booting, bentuk mungil, dan manajemen flash yang terintegrasi.”


Belum diketahui apa saja perangkat yang akan menerapkan standar baru ini, tetapi diperkirakan standar tersebut akan berlaku pada kartu SDHC (Secure Digital High Capacity) dengan kapasitas maksimal 32GB dan memori onboard 32GB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com