Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chatting Tanpa Takut Diblokir

Kompas.com - 18/09/2008, 13:55 WIB

Apa sih kelebihan instant messaging jenis ini dibandingkan dengan instant messaging dalam bentuk aplikasi mandiri? Bayangkan jika ternyata komputer yang Anda gunakan untuk berinternet tak tersedia aplikasi instant messaging satu pun.

Mengunduh file penginstalnya, lalu melakukan penginstalan, tentu membutuhkan waktu agak lama. Bisa jadi rekan ngobrol yang diinginkan sudah terlanjur sign out karena tak sabar menunggu.

Layanan kirim pesan praktis ini juga menjadi solusi jika jalur instant messaging Anda diblokir oleh administrator jaringan di tempat Anda bekerja. Kecuali jika semua alamat web layanan web-based chatting tersebut turut dihadang.

Karena berbasis web, chating dengan IM berbasis web tak perlu mensetting alamat IP (internet protocol). Seperti melakukan browsing, Anda cukup buka internet browser, masuk ke alamat layanan, login dengan account username dan password yang biasa Anda pakai, lalu langsung ngobrol dengan cepat.

Pilihan Beragam

Hampir semua layanan instant messaging mulai dari MSN, Yahoo! Messenger, sampai Google Talk pun memiliki layanan messaging versi web-based. Beberapa memang masih berstatus Beta, tapi sudah lumayan lancar untuk dimanfaatkan.

Jika Anda pengguna Yahoo! Messenger, manfaatkan versi web layanan chatting tersebut di alamat. webmessenger.yahoo.com Ini adalah solusi praktis jika aplikasi chatting tersebut sedang bermasalah di PC Anda.

Caranya pakainya tak sulit. Jika Anda sudah memiliki account Y!M, tinggal masukkan saja username dan password di kotak isian tersebut.

Fasilitas standar yang ada di program Y!M ada di sini, hanya saja tak semua opsi setting dan plugin tersedia. Aplikasi web berbasis flash ini tetap menyertakan pilihan emoticon, pilihan huruf, hingga fasilitas view untuk menampilkan teman yang sedang offline dan online.

Sebenarnya fasilitas ini sudah bisa Anda rasakan langsung di e-mail account Yahoo! Anda. Terutama jika Anda sudah memakai interface baru Yahoo! Mail.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com