Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nokia 5220 Express Music, Harga Terjangkau

Kompas.com - 24/09/2008, 14:22 WIB

Desain Nokia 5220 Express Music sangat berbeda dari ponsel kebanyakan, utamanya di bagian kiri bawah yang seperti sedikit ditarik dan diberi lubang untuk menggantung tali gantungan. Ada dua warna yang disediakan, merah dan biru.

Casing belakang bergaris-garis dan terasa kesat di tangan, sehingga ponsel tak mudah selip. Ditambah ukurannya yang ramping dan ringan, ponsel ini tetap nyaman digenggam meskipun diajak bergoyang mengikuti alunan musik atau bermain game.

Kesan sebagai ponsel musik makin terasa dengan adanya jack 3,5mm yang bisa diberi headset dari luar yang lebih mantap. Di sebelahnya, ada slot microUSB yang tertutup plastik elastis.

Di sebelah kiri bodi, ada tiga tombol khusus untuk menikmati musik dengan fungsi play/pause, dan forward/rewind. Setiap tombol langsung memiliki lampu ritmik yang akan ikut menyala seakan mengikuti irama ketika musik dimainkan. Tepat di atas tombol khusus ini ada colokan charger berukuran kecil (2mm). Di bagian kanan bodi, ada tombol volume dan slot memori card. Speakernya terletak di bagian belakang bawah, sehingga suara sering tertutupi saat ponsel digenggam.

Layar QVGA-nya yang terang dan tajam berukuran 2”, terasa lumayan lega untuk ponsel sekecil itu. Tetapi layarnya terlihat silau di luar ruang, sehingga perlu sedikit usaha untuk menikmatinya di udara terbuka. Keypad-nya cukup lembut dan nyaman, meskipun masih kekecilan untuk orang berjempol besar.

Perlu waktu charging hampir 2 jam dari posisi batere kosong sampai penuh. Kapasitas baterenya cukup besar (1020 mAh), dan diklaim mampu bertahan 5 jam (talk time) dan 17 hari (standby). Namun, untuk pemakaian normal, batere bisa bertahan sekitar 3 – 4 hari.

Memori internalnya 30MB, plus slot memori eksternal microSD yang bisa diisi sampai 2GB, terletak di sebelah kanan bodi yang bisa dilepas-pasang dengan mudah (hotswap). Saat koneksi microUSB terhubung ke PC, akan muncul pilihan USB Mass Storage (media simpan mirip flashdisk), PC Studio (sinkronisasi ke PC), atau modem mode (digunakan untuk modem internet).

Kualitas kameranya yang 2MP standar saja, yaitu bagus di luar ruangan tapi sangat kurang saat digunakan dalam ruangan. Pilihan resolusinya 1600x1200 (terbesar) dan 160x120 (terkecil). Foto bisa disimpan baik di memori ponsel atau memori eksternal.

Di kamera ini, ada fitur Landscape mode untuk memotret pemandangan, Image sequence untuk memotret 3x dalam sekali pencet tombol, dan auto-timer untuk memotret otomatis setelah beberapa detik. Kameranya juga bisa merekam video berformat QCIF tanpa batasan durasi, dalam format 3gp beresolusi 128x96 pixel atau 176x144 pixel.

Menggunakan chip audio khusus AIC33, kualitas suaranya sangat baik saat didengar lewat headset bawaan. Apalagi jika digunakan headset 3,5mm yang lebih baik seperti Senheisser. Berkat chip khusus ini, jika digunakan memutar musik saja, bisa bertahan sampai 24 jam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com