Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aturan Baru tentang Batere Gadget

Kompas.com - 08/10/2008, 09:59 WIB

JAKARTA, RABU – Ada sebuah aturan baru yang sedang digodok oleh Uni Eropa (EU – European Union). Jika gol, produk-produk Apple dan juga perangkat elektronik lain yang dijual di Eropa bisa terkena dampaknya. Seperti kita tahu, batere iPod dan iPhone sulit dilepaskan dari perangkatnya.

Namun dalam aturan yang disebut New Batteries Directive itu tercantum keharusan agar batere perangkat elektronik “mudah dikeluarkan” untuk dibuang atau diganti. Usulan ini dimaksudkan agar pengguna bisa mengeluarkan batere dengan membuka cover dengan tangan atau setelah melepaskan satu atau dua sekrup. Produsen perangkat juga harus menjelaskan secara detail cara aman mengeluarkan batere dari perangkatnya.

Jika usulan itu disetujui, kita sebagai pengguna akan mendapatkan manfaat. Tidak perlu lagi khusus mendatangi gerai Apple atau produk elektronik lain hanya untuk meminta jasa buka/ganti batere iPod misalnya. Ketika dayanya habis, kita sendiri bisa saja mengganti batere semudah melepas batere pada remote control TV. Enak juga ya. Semoga saja aturan itu juga berlaku internasional, dan bukan untuk produk yang beredar di Eropa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com