Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Jualan Musik dan Video

Kompas.com - 09/10/2008, 17:12 WIB

Setelah bingung bagaimana cara menguangkannya, Google yang membeli situs video terpopuler sejagad, YouTube, beberapa waktu lalu, akhirnya mulai dengan berjualan musik dan video games. Selain itu, YouTube juga mencoba mendulang uang dengan menjaring iklan dengan format baru.

Demikian kantor berita Reuters melaporkan dari New York, Rabu (8/10), mengenai rencana YouTube mendulang uang dengan cara berjualan itu. Selama ini, YouTube memang menggratiskan hampir 4,2 miliar video miliknya yang berasal dari "sumbangan" para penggunanya sendiri.

Di Amerika, YouTube kalah agresif dalam mencari uang dibanding Hulu, situs video yang hanya terkonsentrasi di Amerika. Meski baru memiliki 88 juta video, pihak Hulu bisa menguangkan setiap video itu dengan memasang iklan. Sebelum sebuah video menanyangkan peristiwa, iklan masuk lebih dahulu. Cara ini tidak dilakukan oleh YouTube yang menggratiskan seluruh kontennya.

Dengan cara ini, YouTube sudah masuk ke bisnis e-commerce dengan melayani penjualan musik, film, acara TV, video games, buku, dan bahkan penjualan tiket pertunjukan. Pengunjung YouTube yang akan berbelanja diarahkan ke toko virtual Amazon.com Inc yang menjual buku atau MP3 ke toko virtual Apple Inc's iTunes. Dengan cara ini, YouTube akan memperoleh bagian dari cara penjualan itu. (PEP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com