Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laptop Sebabkan Turbulensi pada Pesawat Quantas

Kompas.com - 10/10/2008, 09:00 WIB

PERTH, JUMAT – Masih ingat pesawat Quantas jurusan Singapura – Perth yang dikabarkan mengalami turbulensi hebat sehingga beberapa penumpangnya terlempar ke udara dan mengalami cedera berat – patah tulang minggu lalu? Ketika itu pesawat Airbus A330 dengan nomor penerbangan QF72 yang bermuatan 303 penumpang dan 10 awak kabin itu secara mendadak mengalami perubahan ketinggian. Tidak ada peringatan akan kejadian tersebut, termasuk menyalanya lampu pengingat sabuk pengaman.

Kini, Quantas dan Australian Transportation Safety Bureau (ATSB) mengatakan kecelakaan itu mungkin bukan akibat turbulensi alamiah, tetapi karena penggunaan laptop di dalam pesawat. Pemakaian laptop ditengarai telah menginterferensi sistem auto pilot.

Para penyidik keamanan yang menelusuri masalah tersebut mendapatkan bahwa terjadi malfungsi pada sistem kendali elevator autopilot dan meyakini bahwa sinyal laptop yang liar telah menyebabkan masuknya informasi yang yang tidak benar ke dalam komputer. Saat ini ATSB sedang menanyai para penumpang apakah mereka sedang menggunakan perangkat elektronik ketika kecelakaan itu terjadi.

Ini bukanlah kali pertama perangkat elektronik di dalam pesawat mengacaukan sebuah penerbangan. Juli lalu, Quantas dan ATSB menuduh sebuah mouse nirkabel sebagai penyebab sebuah pesawat jet menyimpang dari rute perjalanannya. Juga ada laporan-laporan anekdot dari para pilot pesawat di AS tentang konsol handheld game yang menyebabkan malfungsi di sistem navigasi. Namun kebanyakan masalah tersebut sulit direplikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com