Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gebrakan Nokia di Pasar Musik Digital

Kompas.com - 10/10/2008, 16:15 WIB

AWAL Oktober ini, Nokia akhirnya meluncurkan ponsel baru, Nokia 5800 Express Music. Ini merupakan ponsel musik dan termasuk generasi pertama produk Nokia yang menggunakan layar sentuh sepenuhnya.

Meski telah resmi diperkenalkan di London dan Singapura pada tanggal 2 dan 3 Oktober lalu, dan akan menyusul di sembilan kota besar lain di dunia, Nokia 5800 belum beredar di pasar. Pihak Nokia menjadwalkan, ponsel yang didesain khusus bagi para pencinta musik (music lovers) ini baru ada di pasaran pada kuartal terakhir tahun ini atau paling lambat sebelum Natal. Harganya 279 Euro, belum terbilang pajak.

Nokia bukan yang pertama yang memproduksi ponsel musik dengan menggunakan layar sentuh. Sebelumnya sudah ada iPhone dari Apple dan T-Mobile G1 dari Google yang berbasis Android. Nokia 5800 diramalkan bakal menjadi pesaing utama iPhone yang diluncurkan tahun lalu dan berhasil menyedot perhatian banyak orang.

Pihak Nokia sendiri yakin, produk terbarunya itu akan sukses. Sejauh ini, Nokia telah berpengalaman menjual ponsel musik. Nokia telah menjual 300 juta perangkat yang menyediakan fitur musik dan 10 juta unit Nokia 5310 ExpressMusic, yang masuk kategori ponsel musik. Angka-angka penjualan itu membuat Nokia optimis bisa menggebrak pasar meski Nokia 5800 ExpressMusic datang belakangan.

Toko musik online

Langkah Nokia untuk masuk ke pasar musik digital tidak hanya dalam penyediaan perangkat namun juga mengembangkan model bisnisnya. Peluncuran Nokia 5800 diumumkan seiring dengan kehadiran Nokia's Comes With Music, yaitu jasa toko musik (Nokia Music Store) yang punya koleksi jutaan lagu. Kedatangannya bisa dibilang tepat, meski kalah start dengan Apple, karena dilakukan saat EMI, Universal, dan label musik besar dunia mulai bermain di pasar musik digital.

Toko musik online ini akan menjadi pesaing Apple yang saat ini menguasai pasar dengan layanan iTunes dan Google yang bekerja sama dengan toko MP3 Amazon. Sementara Nokia 5800 bakal membayangi iPhone-nya Apple dan ponsel-ponsel Android yang bakal keluar ke pasar mulai tahun depan.

Hanya dengan membeli Nokia 5800 ExpressMusic, orang diberi akses gratis selama setahun untuk mengunduh (download) lagu dari katalog yang tersedia di Nokia Music Store (http://www.musicstore.nokia.com). Setiap negara nantinya akan punya katalog tersendiri di Nokia Music Store. Untuk wilayah Asia baru Singapura yang sudah punya katalog (lihat http://music.nokia.com.sg). Orang dapat mengunduh lagu-lagu dari Nokia Music Store melalui komputer biasa atau perangkat nokia. Sinkronisasi dari komputer ke handset dengan mudah dilakukan dengan Windows Media Player 11.

Vice President Sales Nokia untuk wilayah Southeast- Asia Pacific, Chris Carr, di Singapura, Jumat lalu, mengatakan, "Cara orang menikmati musik berbeda-beda di setiap daerah. Dengan menyadari hal itu, Nokia 5800 ExpressMusic memberi keluasaan kepada orang untuk menikmati musik yang mereka suka dalam cara mereka senangi."

Hebatnya lagi, semua koleksi yang berhasil diunduh menjadi koleksi si pengguna. "Kemerdekaan dan kesederhanaan dari layanan ini tidak terbandingkan. Comes With Music memberi Anda akses tak terbatas kepada jutaan koleksi di Nokia Music Store dan lagu-lagu itu kemudian menjadi milik (koleksi) Anda. Soalnya, bukan sebuah revolusi jika Anda tidak menjadikan (lagu-lagu) itu sebagai lagu koleksi Anda," kata Andrew Connel, Kepala Kategori Manajemen Enterteimen dan Komunitas, Nokia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com